Jelang PSBB, Wali Kota Bandung Minta Warga Tak Berkerumun saat Buka Puasa

Sindonews ยท Senin, 20 April 2020 - 15:47:00 WIB
Jelang PSBB, Wali Kota Bandung Minta Warga Tak Berkerumun saat Buka Puasa
Wali Kota Bandung Oded M Danial saat konferensi pers di Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (14/12/2019). (Foto: iNews/Billy Maulana Finkran)

BANDUNG, iNews.id - Wali Kota Bandung Oded M Danial meminta warga tidak berkerumun saat buka puasa dan sahur selama bulan Ramadan. Sebab Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berlaku mulai Rabu (22/4/2020).

"Saya memohon maaf kepada mayarakat yang sebentar lagi akan menjalani ibadah saum (puasa), agar kurangi kerumunan. Baik saat buka atau sahur. Saya berharap tidak lagi ada kerumunan diluar rumah," kata Oded, Senin (20/4/2020).

Dia meminta, warga tetap berada di rumah masing-masing saat buka puasa. Hal ini melihat dari kebiasaan masyarakat, mereka cenderung keluar rumah jelang buka atau ngabuburit.

Pemkot Bandung juga sedang berkoordinasi dengan MUI Kota Bandung terkait aturan mengenai buka puasa dan sahur selama PSBB. Di mana mereka sudah memberi edaran kepada umat muslim terkait panduan puasa di tengah pandemi corona.

"Saya berharap ini semua dipatuhi oleh warga kota bandung. Khususnya yang menjalankan puasa. Harapan dengan kepatuhan kepada umaro dan keikhlasan kepada allah atas ibadah ini, bisa mendorong covid pergi dari bandung," ucap dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung Elly Wasliah menghimbau agar pedagang yang buka saat Ramadan harus mematuhi aturan. Apalagi PSBB akan berlaku mulai 22 April 2020 lusa.

"Harus patuhi aturan, yaitu jaga fisikal distancing, tidak ada kerumunan, dan tidak ada makan di tempat. Pedagang juga diimbau agar menggunakan masker. Soal ngabubutit, seperlunya aja, jangan memaksakan. Pedagang dan pembeli harus jaga jarak," kata dia.


Editor : Faieq Hidayat