Jaringan Narkotika China Selundupkan Sabu dalam Paket Mainan Anak

Ervan David ยท Selasa, 17 Desember 2019 - 11:11 WIB
Jaringan Narkotika China Selundupkan Sabu dalam Paket Mainan Anak
Petugas Bea dan Cukai Bandung memamerkan barang bukti sabu jaringan Tiongkok. (Foto/iNews.id/Ervan David)

BANDUNG, iNews.id - Petugas Bea dan Cukai Bandung menggagalkan beberapa upaya penyelundupan narkotika yang dilakukan jaringan internasional asal China. Salah satu yang berhasil terungkap adalah penyelundupan sabu yang dikemas dalam paket mainan anak berbentuk puzzle.

Dalam pengungkapan jaringan internasional itu, petugas Bea dan Cukai telah menangkap lima orang yang bertugas sebagai kurir untuk melakukan pengiriman barang haram tersebut dari China ke Indonesia.

Kelima pelaku dan barang bukti ikut dihadirkan dalam rilis perkara yang digelar di Kantor Wilayah Bea dan Cukai Bandung, pada Senin (16/12/2019).

Kepala Kanwil Bea dan Cukai Bandung, Saifullah Nasution mengatakan, dari tangan kelima pelaku yang diringkus itu, petugas mendapatkan barang bukti narkotika jenis sabu seberat 509 gram. Barang terlarang itu ditaksir senilai lebih dari Rp1 miliar.

Selain sabu, juga ikut ditemukan tembakau gorilla seberat 1 kilogram yang nilainya ditaksir mencapai Rp800 juta.

"Sabu asal China itu semula akan dikirimkan ke sebuah alamat penerima di Bandung. Namun ternyata dikirim ke sebuah alamat di Karawang," kata Saifullah.

Karena itu, kata Saifullah, penanganan kasus penyelundupan narkotika jaringan internasional ini dilakukan bekerjasama dengan petugas dari Polres Karawang.

Kelima pelaku terancam dijerat Pasal 113 UU Narkotika dengan ancaman hukuman seumur hidup atau mati.


Editor : Reza Yunanto