Jalan Baras-Paranggombong Purwakarta Ambles 500 Meter, Warga Nyaris Terisolasi

Asep Supiandi · Senin, 22 Februari 2021 - 13:20:00 WIB
Jalan Baras-Paranggombong Purwakarta Ambles 500 Meter, Warga Nyaris Terisolasi
Kondisi Jalan Baras-Paranggombong, Desa Kutamanah, Kecamatan Sukasari, Kabuaten Purwakarta, yang retak dan terbelah. (Foto: Polsek Sukasari) 

PURWAKARTA, iNews.id-Jalan utama Baras-Paranggobong, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, ambles sepanjang 500 meter, Senin (22/2/2021). Akibatnya akses lalu lintas warga menuju ke wilayah di seberang Waduk Jatiluhur kembali terputus.

Lokasi jalan ambles terletak di Kampung Ciputat, Desa Kutamanah, Kecamatan Sukasari, yang selama ini belum pernah terjadi bencana alam seperti itu. Akan tetapi, hujan deras yang mengguyur selama ini membuat tanah bergerak hingga menyebabkan jalan coran retak dan terbelah. Bahkan, beberapa bagian coran terlepas dan terbawa gerakan tanah. 

Kapolsek Sukasari, AKP Asep Yusuf mengatakan, penanganan sementara arus lalu lintas dialihkan ke jalan alternatif Kampung Legok Lame. Jalan alternatif tesebut hanya bisa dilalui sepeda motor dan pejalan kaki. Sebagian warga juga banyak yang memilih jalur air untuk menuju ke Kecamatan Sukasari.

"Kami arahkan warga menggunakan jalan alternatif yang sedikit melingar. Sebab jalan utama itu sudah tidak bisa lagi dilalui kendaraan," kata Yusup kepada MNC Portal Indonesia, Senin (22/1/2021).

Dia juga mengimbau agar warga selalu berhati-hati dan waspada atas cuaca ekstrem. Intensitas hujan yang tinggi mengakibatkan terjadinya longsor.

Diketahui, Kecamatan Sukasari sebelumnya juga diterjang longsor pada Selasa 16 Febriari 2021. Longsor tersebut menutup jalan di Kampung Bunisari, Desa Kertamanah. Bahkan pada waktu itu sejumlah pekerja yang membersihkan materal tanah merah nyaris tewas akibat tertimpa longsor susulan.

Editor : Asep Supiandi