Jalan Ambles di Talaga Majalengka, Akses 2 Desa Terancam Putus

Mohamad Zeni Johadi ยท Senin, 17 Februari 2020 - 14:16 WIB
Jalan Ambles di Talaga Majalengka, Akses 2 Desa Terancam Putus
Jalan Ambles di Majalengka, Selnin (17/2/2020) (Foto: iNews/Zeni Johadi)

MAJALENGKA, iNews.id - Ruas jalan raya dari wilayah utara Talaga ke wilayah selatan Malausma, tepatnya di Desa Campaga, Kecamatan Talaga, Kabupaten Tasikmalaya terancam putus akibat ambles sepanjang 100 meter lebih. Jalan ambles ini akibat intensitas hujan tinggi sejak beberapa hari lalu.

Kedalaman jalan yang mengalami ambles antara 15-50 cm. Untuk sementara, jalan hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua.

Petugas gabungan dari unsur TNI dan Polri bekerja sama dengan pemerintah untuk menutupi jalan yang ambles dengan bebatuan.

Kepala Desa Campaga Ruslan mengatakan aktivitas warga terganggu akibat jalan yang amblas tersebut. Kini, warga hanya bisa melewati jalan tersebut dengan kendaraan roda dua.

"Susah semua, cuma roda dua yang bisa lewat," katanya, Senin (17/2/2020).

Selain mengakibatkan arus lalu lintas penghubung wilayah utara dan selatan terganggu. Jalan amblas juga mengancam 50 rumah warga yang berada di bawah jalan.

"Ada juga ini, 50 rumah terancam longsor," kata Ruslan.

Sementara itu, Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Majalengka Reza mengatakan hingga saat ini pontensi pergerakan jalan ambles masih terjadi. Dia sudah memasang penanda jalan di sekitar lokasi.

BPBD Majalengka dengan Polres Majalengka mengimbau kepada pengguna jalan, khususnya roda empat yang membawa muatan besar untuk sementara tidak melewati jalur penghubung wilayah selatan.

"Potensi ambles terus ada, karena hujan," kata Reza.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq