Jadi Langganan Macet Tiap Tahun, Jalur Mudik Lebaran di Gentong Kini Sepi

Asep Juhariyono ยท Rabu, 27 Mei 2020 - 10:53 WIB
Jadi Langganan Macet Tiap Tahun, Jalur Mudik Lebaran di Gentong Kini Sepi
Jalur mudik Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, sepi pada h+3 Lebaran, Rabu (27/5/2020). (Foto: iNews/Asep)

TASIKMALAYA, iNews.id - Arus lalu lintas kendaraan h+3 Lebaran di jalur Gentong, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, sepi. Kondisi tersebut pertama kalinya dalam sejarah karena setiap tahunnya di masa arus mudik dan balik Lebaran jalur tersebut selalu ramai hingga macet sampai puluhan kilometer.

Pantauan iNews.id, hanya puluhan kendaraan bermotor melintas per menitnya.

Adanya larangan mudik dan banyaknya titik pemeriksaan (check point) di masa pandemi Covid-19, penyebab utama sepinya lalu lintas di jalur Gentong. Sejumlah kendaraan dari arah timur yang akan memasuki ruas jalur ekstrem tersebut, diputar balik petugas.

"Saya sudah 20 tahun bertugas di Polres Tasikmalaya Kota dan tiga tahun di Kadipaten, baru kali ini betul betul sepi. Ini sudah terjadi sejak arus mudik," kata Kapolsek Kadipaten, Tasikmalaya, AKP Erustiana, Rabu (27/5/2020).

Pada musim Lebaran, diceritakan Kapolsek, biasanya terjadi kepadatan hingga kemacetan panjang dari titik jalur Gentong hingga Malangbong. Bahkan kondisi hari biasa pun cenderung lebih ramai dari sekarang.

"Alhamdulillah untuk tahun ini jangankan macet, mendekati padat pun tidak," ujarnya.

Diperkirakan lalu lintas di jalur selatan via Gentong akan kembali ramai jika aktivitas perekonomian normal kembali, yakni pada masa pandemi virus corona mereda dan pembatasan sosial usai.


Editor : Rangga Permana