Jabar Kekurangan Vaksin PMK, Perlu 10 Kali Lipat untuk Atasi Hewan Kurban 

Ervan David · Rabu, 22 Juni 2022 - 13:26:00 WIB
Jabar Kekurangan Vaksin PMK, Perlu 10 Kali Lipat untuk Atasi Hewan Kurban 
Petugas memeriksa kondisi vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang sudah tiba di tanah air. (Foto: dok iNews)

BANDUNG, iNews.id - Pemprov Jabar hanya menerima 70.000 vaksin antipenyakit mulut dan kuku (PMK) untuk disuntikan ke hewan kurban menjelang Idul Adha. Sementara kebutuhan vaksinasi PMK di wilayah Jabar mencapai 800.000 ekor hewan kurban.

Dengan jumlah vaksin yang diterima tersebut tidaklah ideal untuk men-cover semua hewan kurban yang ada. Harapannya, semua hewan kurban yang akan dipotong saat perayaan Idul Adha terbebas dari PMK.

Pemprov Jabar pun meminta kembali pasokan vasksin anti-PMK, karena kebutuhanya sebanyak sepuluh kali lipat dari vaksin yang diterima. Sehingga dapat menjangkau hewan kurban di kota dan kabupaten di Jabar.

Selain itu, hewan kurban yang akan dipotong akan mendapat tanda berupa lempengan kuning pada telinganya agar masyarakat mengetahui bahwa aman untuk dipotong.

"Tingkat kesempuhan hewan terpapar PMK di Jabar cukup meningkat hingga 40 persen," kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Rabu (22/6/2022).

Masyarakat pun diimbau agar tidak perlu khawatir dan berlebihan menyikapi wabah PMK. Pasalnya, Pemprov Jabar sudah menyediakan obat khusus bagi hewan kurban yang terjangkit PMK.

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: