Investasi Susah Masuk, Banten Ingin Tinggalkan Kesan Mistis

Muhammad Fida Ul Haq ยท Minggu, 08 Maret 2020 - 12:59 WIB
Investasi Susah Masuk, Banten Ingin Tinggalkan Kesan Mistis
Rektor UI Ari Kuncoro dan Gubenur Banten Wahidin Halim, Minggu (8/3/2020) (Foto: dok UI)

DEPOK, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) dalam berbagai bidang seperti pembangunan rumah sakit hingga kebudayaan. Gubernur Banten Wahidin Halim menyinggung sulitnya investor masuk ke Banten karena kesan mistis.

Wahidin ingin Banten bisa diperkenalkan dengan cara yang lebih baik. Rektor UI Ari Kuncoro mengusulkan agar Banten memanfaatkan rekonstruksi sejarah seperti Korea Selatan.

“Jadi sejarah mereka diperkenalkan ulang ke masyarakat melalui media musik dan film. Salah satunya dengan pengenalan sejarah Istana Chosun dengan drama korea Da Jang Geum," kata Ari seperti dikuti dari situs resmi UI, Minggu (8/3/2020).

Ari mengatakan drama bisa mengubah persepsi terutama bagi kaum muda. Dia berharap usulnya bisa dipertimbangkan.

"Drama tersebut menceritakan perjuangan seorang perempuan dapat menjadi tabib istana. Poin pentingnya adalah memperkenalkan sejarah suatu kota dengan cara yang bisa diterima oleh generasi muda,” kata Ari.

Untuk kesehatan, Wahidin berharap dokter-dokter di UI bisa bekerja sama dengan Banten. Terutama untuk mengatasi stunting.

"Mungkin kedepannya kita bisa mengadakan kerja sama dalam hal pengampuan dokter-dokter, serta manajeman pengelolaan rumah sakit, seperti yang ada di Rumah Sakit UI saat ini,” kata Wahidin.

Selain dalam bidang kesehatan, pariwisata, beberapa kepala dinas juga menjajaki berbagai kemungkinan kerja sama. Seperti dalam bidang reformasi birokrasi, pemberdayaan unit usaha kecil menengah (UKM), serta dalam bidang hukum.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq