Ini Penyebab Truk Bermuatan Kayu Terguling di Tanjakan Gentong Tasikmalaya

Asep Juhariyono · Sabtu, 29 Mei 2021 - 10:15:00 WIB
Ini Penyebab Truk Bermuatan Kayu Terguling di Tanjakan Gentong Tasikmalaya
Truk bermiatan kayu terguling di tanjakan Gentong, Kabupaten Tasikmalaya. Penyebabnya, jalan licin dan truk tak kuat menanjak. (Foto: iNews/Asep Juhariyono)

TASIKMALAYA, iNews.id - Sebuah truk bermuatan kayu terguling di tanjakan Gentong, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (29/5/2021) pagi. Truk bernopol Z 9213 YA tersebut terguling diduga karena kelebihan muatan sehingga tak kuat menanjak.

Setelah sempat mundur beberapa meter, akhirnya truk terguling dan melintang di tengah jalan. Akibatnya, arus lalu lintas kendaraan dari kedua arah di jalur itu sempat macet sepanjang 3 kilometer (km).

Tak lama setelah truk terguling, petugas kepolisian dari Polres Tasikmalaya Kota tiba di lokasi kejadian. Petugas memberlakukan sistem buka tutup jalur di tanjakan Gentong untuk mengurai kemacetan baik dari arah Bandung ke Tasikmalaya maupun sebaliknya.

Kanit Lantas Polsek Kadipaten Iptu Edy mengatakan, kemacetan terjadi dari kedua arah. Dari Tasikmalaya menuju Bandung, antrean kendaraan sepanjang 500 meter. "Sementara dari arah Bandung menuju Tasikmalaya, kemacetan terjadi sepanjang 3 kilo meter," kata Iptu Edy.

Iptu Edy mengemukakan, kemacetan terjadi akibat truk bermuatan kayu nopol Z 9213 YA yang dikendarai Hendrayana warga Sukabumi melaju dari arah Tasikmalaya menuju Bandung terguling di tanjakan Gentong.

"Badan truk bersama muatan palet kayu menutup sebagian besar jalan sehingga jalan yang tersisa hanya bisa dilalui oleh kendaraan dari satu arah," ujar Iptu Edy.

Guna mengurai kemacetan, tutur Iptu Edy, jajaran Satlantas Polres Tasikmalaya Kota dan Polsek Kadipaten memberlakukan buka tutup jalur Gentong. Kendaraan yang melintas secara bergantian dari kedua arah.
 
"Tumpahan solar dari truk yang terguling juga membuat jalan licin. Kondisi ini mengakibatkan sejumlah kendaraan selip karena licin saat akan melintas," tutur Iptu Edy.

Menurut Kanitlantas Polsek Kadipaten, truk bermuatan palet kayu ini berangkat dari Kota Banjar menuju Bandung karena tadi pagi turun hujan mengakibatkan tanjakan Gntong licin. "Truk tidak kuat menanjak saat dilakukan pengereman ternyata truk malah mundur dan akibatnya terguling," ucap Kanitlantas. 

Hingga saat ini proses evakuasi kayu palet masih dilakukan untuk mempermudah proses evakuasi badan truk tronton yang melintang di tengah jalan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Sopir truk Hendrayana juga selamat.

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: