Ini Kronologi Penemuan Kerangka yang Duduk di Sofa di Bandung

Sindonews.com ยท Rabu, 15 Januari 2020 - 17:10 WIB
Ini Kronologi Penemuan Kerangka yang Duduk di Sofa di Bandung
Kerangka mayat duduk di sofa, Rabu (15/1/2020) (Foto: Okezone/ istimewa)

BANDUNG, iNews.id - Penemuan kerangka manusia yang duduk di sofa mengegerkan warga Desa Sayati, Kecamatan Margarahayu, Kabupaten Bandung. Kerangka manusia tersebut ditemukan di sebuah rumah kosong.

Pemilik rumah kosong, Johan Rismana, awalnya meminta Suherman membersihkan rumah kosong yang sudah dibeli sejak 2014. Suherman terkejut bukan main saat menemukan kerangka manusia di yang berlokasi di Kompleks Sukamenak Indah Blok I 61 RT 06/04, Desa Sayati, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung.

Kerangka manusia dalam kondisi duduk itu ditemukan Suherman pada Selasa 14 Januari 2020 siang.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Saptono Erlangga Waskitoroso mengatakan, setelah menerima laporan, petugas Polresta Bandung dan Polsek Margahayu meluncur ke lokasi kejadian dan meminta keterangan dari saksi-saksi.

"Awal mula penemuan kerangka tulang belulang manusia saat saksi Suherman disuruh oleh pemilik rumah kosong Johan Risman untuk mengontrol dan bersih-bersih pekarangan rumah," kata Saptono dihubungi melalui telepon, Rabu (15/1/2020).

BACA JUGA:

Warga Bandung Temukan Kerangka Manusia Duduk di Sofa

Sempat Terisolasi Lebih dari Sepekan, Akses ke Desa Cileuksa Sukajaya Bogor Sudah Bisa Dilalui

Saptono mengatakan Suherman datang ke rumah itu pada Selasa 14 Januari 2020 sekitr puku 13.00 WIB. Saksi melihat rumput pekarangan sudah ada yang memotong, sudah ditanami pohon singkong, kaca jendela depan rumah pecah dan pintu rumah samping dalam keadaan terbuka yang biasanya terkunci rapat.

Hendra mengemukakan, kemudian saksi Suherman masuk ke dalam ruang keluarga. "Saksi (Suherman) kaget menemukan kerangka manusia di atas sofa. Selanjutnya saksi memberitahukan penemuannya itu kepada pemilik rumah kosong Johan Rismana," ujar Saptono.

Sedangkan saksi Johan, tutur Saptono, setelah mendapat laporan, dia mengajak Suherman dan Heriyanto, menuju rumah kosong itu pada sore hari. Setibanya di lokasi penemuan sekitar pukul 17.00 WIB, saksi bersama-sama melihat kerangka manusia di ruang keluarga.

"Sekitar pukul 18.00 WIB, saksi Johan menghubungi Ketua RW 04, Desa Sayati Dadang Sudrajat. Mereka kemudian melaporkan penemuan kerangka manusia tersebut ke Polsek Margahayu," tutur dia.

Kepada petugas, saksi Suherman mengaku terakhir membersihkan pekarangan rumah kosong tersebut pada Mei 2019 dan belum pernah masuk ke dalam rumah.

"Di bagian ruang tamu terdapat bekas bungkus kabel yang telah dibuka dan diambil tembaganya," ucap Saptono.

"Sedangkan pemilik rumah Johan Rismana menyatakan membeli rumah tersebut pada Februari 2014, sudah dalam keadaan kosong dan belum pernah ditempati dan direnovasi," kata dia.

Berdasarkan hasil olah tempat kejadian perkara (TKP), kata Hendra, petugas Indonesia Automatic Finger Print Identificantion System (Inafis) Polrestabes Bandung mendapati pintu samping rumah dalam keadaan terbuka. Keadaan rumah kosong tidak layak huni karena tak terawat.

"Di kursi sofa panjang. Kerangka itu tertutup jas hujan ponco warna telur asin muda. Untuk sementara jenis kelamin kerangka manusia itu belum teridentifikasi. Di TKP tak ditemukan bercak darah atau pun barang-barang yang mencurigakan dan berbahaya. Kerangka manusia itu telah dikirim ke Rumah Sakit Bhayangkara Sartika Asih Bandung," kata Saptono.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq