Ibu-Ibu di Cirebon Demo Banting Perabot di Kantor Camat karena Kecurangan Pilkades

Toiskandar ยท Senin, 18 November 2019 - 17:54 WIB
Ibu-Ibu di Cirebon Demo Banting Perabot di Kantor Camat karena Kecurangan Pilkades
Ibu-ibu di Cirebon berdemo di depan Kantor Camat Suranenggala sambil membanting perabot lantaran ada kecurangan pilkades. (Foto: iNews/Toiskandar)

CIREBON, iNews.id - Puluhan ibu berdemo sambil membanting perabot di Kantor Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Senin (18/11/2019) siang. Mereka marah lantaran Camat Suranenggala tidak pernah menemui mereka saat ingin menyalurkan aspirasi terkait kecurangan pilkades.

Demonstran ingin menyampaikan dugaan kecurangan pada saat pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Suranenggala Kulon, Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon beberapa waktu lalu kepada camat. Sayangnya, pimpinan kecamatan ini dikabarkan sedang berada di luar kantor.

Terkait kecurangan pilkades, ibu-ibu menganggap ada campur tangan dari pihak kecamatan.

Salah satu warga, Watiah mengatakan para demonstran ini hanya meminta keadilan karena sebelumnya terindikasi ada kecurangan. “Banyak warga ga dikasih undangan memilih, jadi ga bisa menyalurkan aspirasinya,” katanya.

Sementara warga lain, Suniah mengatakan selain banyak warga yang tidak bisa memilih, menurutnya banyak surat suara sudah dalam bentuk tercoblos salah satu calon. “Pokoknya saya mau minta keadilan,” katanya.

Akhirnya demonstran nekat menduduki kantor kecamatan sampai camat mau menemui mereka.

Dari informasi yang dihimpun, sebelum nekat mendatangi kantor kecamatan, ibu-ibu demonstran juga sudah melakukan sejumlah usaha untuk mengungkap kecurangan pilkades. Mereka sudah melaporkan kasus ini ke kantor Direktorat Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik (kesbangpol) Kementerian Dalam Negeri, polisi, pengadilan bahkan ke pengadilan tata usaha.

Sayangnya hingga saat ini belum ada kejelasan dari pihak manapun. Ibu-ibu mengancam akan menggelar aksi yang lebih besar lagi jika tuntutan mereka tidak dipenuhi.


Editor : Umaya Khusniah