Hujan Sebabkan Banjir di Beberapa Lokasi, Ini Prakiraan Cuaca BMKG 

Arif Budianto · Minggu, 17 Juli 2022 - 11:29:00 WIB
Hujan Sebabkan Banjir di Beberapa Lokasi, Ini Prakiraan Cuaca BMKG 
BMKG memperkirakan tak ada status waspada atau siaga atas potensi hujan di Jabar. (Foto: Ilustrasi)

BANDUNG, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan tidak ada status waspada dan siaga atas potensi hujan di Jawa Barat dalam dua hari ke depan. Walau pun sebelumnya ada beberapa daerah terdampak banjir. 

Menurut Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu, indeks global seperti SOI (+16.6) dan IOD (-0.69) menunjukkan nilai yang signifikan di mana kondisi tersebut akan mendukung pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia. Sedangkan Nino 3.4 (-0.28) menunjukkan nilai yg tidak signifikan. MJO berada pada kuadran 5 (tidak signifikan), dalam sepekan ke depan berpotensi berada pada kuadran 5 atau 6 yang menunjukkan nilai yang tidak signifikan. 

Aktivitas gelombang atmosfer Rossby Ekuatorial diprakirakan aktif di wilayah Kalimantan bagian Timur, Sulawesi, Maluku, Maluku utara, Papua Barat dan Papua dalam akhir pekan ini, dan berpotensi meluas ke wilayah Kalimantan, Sulawesi, sebagian Jawa bagian Utara dan Sumatera bagian timur pada awal pekan depan. 

"Sedangkan gelombang Kelvin diperkirakan tidak aktif dalam sepekan ke depan. Sirkulasi siklonik diprediksi akan terbentuk di Samudera Hindia barat Sumatera. Daerah konvergensi diperkirakan terbentuk di perairan sebelah barat Sumatra Barat, Riau, Kalimantan Utara, Laut Halmahera, dan Laut Banda," katanya, Minggu (17/7/2022). 

Daerah pertemuan angin diprakirakan terbentuk perairan sebelah utara Papua Barat-Papua. Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

"Maka, berdasarkan prakiraan cuaca berbasis dampak (IBF) untuk dampak banjir atau banjir bandang, tidak ada potensi dampak dengan status waspada atau siaga untuk wilayah Jawa Barat," ucap dia. 

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: