Hujan Lebat 3 Jam, Tanah Longsor Tutup Jalan Kuningan-Cikijing

Agus Warsudi · Jumat, 22 Januari 2021 - 23:15:00 WIB
Hujan Lebat 3 Jam, Tanah Longsor Tutup Jalan Kuningan-Cikijing
Material tanah longsor menutup jalan Kuningan-Cikijing, Kabupaten Kuningan. (Foto: Istimewa)

KUNINGAN, iNews.id - Material tanah longsor menutup Jalan Kuningan-Cikijing, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Jumat (22/1/2021). Akibatnya, kendaraan baik mobil maupun motor dari kedua arah tak bisa melintas di jalan yang menghubungkan Kabupaten Kuningan dengan Majalengka tersebut. 

Peristiwa tanah longsor yang terjadi sekitar pukul 17.30 WIB itu tepatnya masuk wilayah Desa Cipadung, Kecamatan Cikijing, Kabupaten Kuningan. 

Tebing yang berada di sisi kanan jalan ambruk setelah hujan lebat mengguyur Kabupaten Majalengka dan Kuningan selama beberapa jam, mulai pukul 16.00 hingga 18.50 WIB.

Saat ini, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kuningan berkoordinasi dengan BPBD Majalengka dan menurunkan tim assesment.

Diberitakan sebelumnya, tiga pekan lalu, tebing di sisi Jatilima, Desa Tejamulya, Kabupaten Majalengka longsor. Material tanah dan batu menutup jalan itu. Akibatnya, akses masyarakat Desa Tejamulya yang akan ke Desa Cibunut, Kecamatan Argapura dan sebaliknya tertutup. 

Petugas kesulitan mengevakuasi material longsoran berupa batu besar. Hingga saat ini, material longsoran itu belum dibersihkan. Alat berat milik Pemkab Majalengka tak bisa digunakan untuk memindahkan material longsoran.

Editor : Agus Warsudi