Hujan Deras, Tiga Rumah Terbawa Longsor di Tasikmalaya

Asep Juhariyono ยท Jumat, 17 November 2017 - 18:08 WIB
Hujan Deras, Tiga Rumah Terbawa Longsor di Tasikmalaya
Warga beramai-ramai menarik rumah yang hampir longsor di Kampung Babakan Sarongge, Desa Sukarasa, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya. (Foto: iNews/Asep Juhariyono).

TASIKMALAYA, iNews.id - Tanah longsor kembali terjadi di Kampung Babakan Sarongge, Desa Sukarasa, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Akibatnya tiga rumah rusak terbawa longsor dan lainnya rusak berat akibat pergerakan tanah, sehingga warga terpaksa mengungsi ke Balai Desa.

Puluhan warga gotong-royong dan berusaha menyelamatkan salah satu rumah semi permanen milik warga yang berada di bibir tebing dalam keadaan miring dan hampir terjungkal akibat pergerakan tanah. Menurut salah seorang penduduk setempat, Dadi Ruspendi menceritakan warga dibantu sejumlah personel TNI dan polisi beramai-ramai menarik menggunakan tali agar bisa digunakan kembali."Rumah yang ditarik warga ditinggali dua keluarga, semoga bisa terselamatkan," ujarnya, Jumat (17/11/2017).
 
Dia menjelaskan hujan deras sejak Jumat dini hari yang mengakibatkan longsor. Bahkan akses jalan menuju kantor desa dan sekolah putus, sehingga sekolah pun terpaksa diliburkan. Walaupun tidak ada korban jiwa, namun kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

"Alhamdulillah dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa, namun kerugian mencapai Rp40 juta. Ada delapan keluarga yang diungsikan,” katanya. Dia menambahkan, hingga saat ini hujan masih terus terjadi di wilayah Tasikmalaya. Sehingga warga akan lebih waspada dan berhati-hati, karena tidak menutup kemungkinan terjadi longsor susulan.


Editor : Muhammad Saiful Hadi