Hasil Tes Acak Selama Ramadhan dan Lebaran di Kota Bandung, Puluhan Warga Positif Covid

Arif Budianto ยท Kamis, 20 Mei 2021 - 14:05:00 WIB
Hasil Tes Acak Selama Ramadhan dan Lebaran di Kota Bandung, Puluhan Warga Positif Covid
Pemudik wajib menjalani rapid test antigen. (Foto: istimewa)

BANDUNG, iNews.id - Hasil tes rapid antigen yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung kepada dari 830 pengunjung mal, tempat wisata, dan gate tol saat Ramadhan dan Lebaran tahun ini menujukkan sekitar 4 persen atau 36 orang terinfeksi terpapar Covid-19. Hasil itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Ahyani Raksanegara pada acara Bandung Menjawab, Kamis (20/5/2021).

Kadinkes Kota Bandung Ahyani dia, tes rapid antigen yang dilakukan selama Ramadan dan libur Lebaran mendapati 36 orang positif. "Tes acak kami lakukan kepada sekitar 830 orang secara acak. Dari jumlah itu, sebanyak 36 orang positif Covid-19 berdasarkan rapid antigen," kata Ahyani.

Ahyani mengemukakan, sampel diambil secara acak atau rundom ke pusat perbelanjaan, tempat wisata, dan gate tol. Pada saat Lebaran misalnya, ditemukan dua orang positif di gate tol dan tujuh orang di Kebun Binatang Bandung. "Ini menunjukkan bahwa OTG (Orang tanpa gejala) masih berkeliaran di sekitar kita. Meraka ada diantara kita," ujar dia.

Menurut Ahyani, tes acak hanya dilakukan saat ada momen. Setelah selesai ramadan dan Idul Fitri, tak ada lagi rapid antigen. Tetapi pihaknya lebih pada meningkatkan tracing di tingkat wilayah. Tracing dilakukan kepada mereka yang berisiko, orang dekat yang terpapar, dan lainnya.

Editor : Agus Warsudi