Hasil Swab Test di Lapas Tasikmalaya, 1 Napi dan 2 Petugas Positif Covid-19

Asep Juhariyono ยท Kamis, 12 November 2020 - 18:26:00 WIB
Hasil Swab Test di Lapas Tasikmalaya, 1 Napi dan 2 Petugas Positif Covid-19
Kalapas Tasikmalaya Sulardi menunjukkan ruang isolasi yang ditempati satu napi positif Covid-19. Foto/iNewsTv/Asep Juhariyono

TASIKMALAYA, iNews.id - Satu warga binaan pemasyarakatan (WBP) atau narapidana dan petugas Lapas Tasikmalaya, Jawa Barat, positif terpapar Covid-19. Kepastian itu diperoleh setelah keluar hasil tes usap atau swab yang dilaksanakan di Kelas II B Tasikmalaya beberapa hari lalu.

Saat ini, petugas Lapas Tasikmalaya mengisolasi napi positif terpapar Covid-19 di kamar straf sel. Sedangkan dua petugas lapas menjalani isolasi di rumah susun sewa (rusunawa) Universitas Siliwangi (Unsil).

Kalapas Kelas II B Tasikmalaya Sulardi, rapid test massal akan dilakukan terhadap warga binaan dan petugas yang kontak erat dengan tiga orang positif terpapar virus Corona. Jika ada napi dan petugas yang reaktif akan langsung menjalani tes swab.

"Kami berharap penyebaran Covid-19 di lingkungan Lapas Tasikmalaya bisa segera tertangani agar tidak menular ke warga binaan lain dan pegawai," kata Sulardi, Kamis (12/11/2020).

Sulardi mengemukakan, warga binaan yang terkonfirmasi positif Covid-19 selalu dipantau kesehatannya oleh tim dan diberikan vitamin agar imunitasnya tetap tinggi.

"Kami belum pasti sumber penularan Covid-19 di dalam lapas ini dari mana. Tetapi dua petugas yang terkonfirmasi baru pulang dari Bandung. Satu petugas memang asli Bandung dan satu lainnya mengunjungi keluarganya," ujar Kalapas.

Editor : Agus Warsudi