Hasil Kolaborasi, Pemprov DKI dan Pemkot Bekasi Resmikan Fly Over Cipendawa dan Rawa Panjang

Wildan Catra Mulia ยท Jumat, 31 Januari 2020 - 19:15 WIB
Hasil Kolaborasi, Pemprov DKI dan Pemkot Bekasi Resmikan Fly Over Cipendawa dan Rawa Panjang
Anies resmikan dua flyover di Bekasi, Jumat (31/1/2020) (Foto:iNews/Wildan Catra)

BEKASI, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi meresmikan dua jalan layang (fly over) yaitu Fly Over Rawa Panjang dan Fly Over Cipendawa di Rawalumbu, Kota Bekasi, Jumat (31/1/2020) pagi. Pembangunan ini untuk mengurai titik kemacetan di kota Bekasi bagian Selatan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi dan sejumlah pejabat hadir dalam peresmian di atas jembatan Cipendawa. Dalam sambutannya, Anies mengatakan bahwa pembangunan yang merupakan dari dana hibah ini merupakan bukti kedua kota saling berkerjasama dan menopang dari berbagai sektor.

"Bukan Bekasi penyangga Jakarta, tapi Jakarta juga penyangga bagi Bekasi. Kita saling menyangga, kita saling menopang," katanya di lokasi, Jumat (31/1/2020).

Anies mengaku bahwa DKI Jakarta dengan Bekasi merupakan dua kota yang berdekatan. Keduanya banyak berkerjasama dalam berbagai bidang, mulai perekonomian, tranportasi hingga pembangunan. Dia mengatakan dalam pembangunannya ada semangat membangun kesetaraan memberikan pelayanan.

"Semangat itulah yang mendasari mengapa kita melihat bahwa masing-masing kita memiliki tanggung jawab dan bermitra untuk memastikan bahwa warga mendapatkan yang terbaik," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi menambahkan bahwa kedua fly over akan tercatat sebagai aset milik Pemprov Jawa Barat. Dia juga berharap kerja sama yang baik antara Pemprov DKI Jakarta dan Pemkot Bekasi dapat dikembangkan untuk mengentaskan masalah transportasi maupun mobilitas warga antar kedua wilayah.

“Atas nama seluruh warga masyarakat kota Bekasi, tokoh masyarakat yang hadir di sini mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pak Gubernur DKI Jakarta yang telah memberikan akses. Kalau ada 19 titik kemacetan, ada 2 selesai, berarti ada 17 titik macet yang harus terus kami lakukan perbaikan-perbaikan,” ucapnya.

Flyover Rawa panjang dan Cipendawa dibangun dengan dana hibah dari Pemprov DKI Jakarta untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi di perempatan Rawa Panjang dan Cipendawa.

Flyover Rawa Panjang akan menghubungkan Jalan Jenderal Ahmad Yani dan Jalan Raya Narogong.

Sementara itu, Flyover Cipendawa menghubungkan Jalan Raya Cipendawa dan Jalan Raya Narogong. Kedua flyover itu jadi akses vital bagi truk-truk sampah DKI Jakarta yang saban hari menuju dan kembali dari TPST Bantargebang.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq