Hari Sumpah Pemuda, Mahasiswa dan Ormas Bentrok di DPRD Jabar

Ervan David ยท Selasa, 29 Oktober 2019 - 01:00 WIB
Hari Sumpah Pemuda, Mahasiswa dan Ormas Bentrok di DPRD Jabar
Mahasiswa terlibat bentrok dengan ormas saat berdemonstrasi di DPRD Jabar. (Foto: iNews/Ervan David)

BANDUNG, iNews.id – Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 diwarnai bentrokan antara mahasiswa dan organisasi masyarakat (Ormas) saat demonstrasi di depan kantor DPRD Provinsi Jawa Barat, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (28/10/2019).

Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian tersebut. Kedua kubu berhasil dipisahkan petugas Polresta Bandung yang mengamankan aksi demonstrasi tersebut.

Bentrokan tersebut bermula saat organisasi masyarakat melemparkan air mineral ke mahasiswa karena tidak ingin mereka menyuarakan lagi hasil lanjutan menolak tujuh undang-undang di antaranya menolak revisi KUHP.

Koordinator aksi, Riko mengatakan, aksi parade melawan negara sebagai bentuk mengingatkan kembali kepada masyarakat bahwa kebijakan tersebut tidak pro kepada rakyat miskin.

“Kami menyampaikan beragam persoalan negeri ini. Berbagai regulasi yang dibuat negara tidak pro masyarakat. Hari ini negara tidak sedang baik-baik saja,” katanya.

Menurut Riko, aksi tersebut akan terus dilakukan karena negara tidak hadir melindungi rakyatnya. “Negara justru mendukung oligarki,” ucapnya.


Editor : Kastolani Marzuki