Hadiri Dies Natalis Unpad, Jokowi Ingatkan Tantangan Indonesia di Tengah Pandemi

Muhamad Rizky ยท Jumat, 11 September 2020 - 14:09 WIB
Hadiri Dies Natalis Unpad, Jokowi Ingatkan Tantangan Indonesia di Tengah Pandemi
Presiden Joko Widodo memberikan pengantar dalam rapat terbatas mengenai penanganan Covid-19 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (27/7/2020). (Foto: Setkab).

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo mengingatkan mengenai tantangan yang dihadapi Indonesia akibat pandemi virus corona atau Covid-19. Dia mengakui tantangan ini membuat bangsa Indonesia sangat kesulitan.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam orasi ilmiah dalam rangka peringatan Dies Natalis ke-63 Universitas Padjadjaran secara daring atau online pada Jumat, (11/9/2020).

Presiden Jokowi mengawali pidatonya dengan menyampaikan bahwa Universitas Padjadjaran (Unpad) telah memberikan kontribusi besar bagi bangsa Indonesia, termasuk para tokoh yang lahir didalamnya seperti Prof Iwa Koesoemasoemantri, hingga Prof Mochtar Kusumaatmadja.

"Saat ini kita sedang menghadapi tantangan sangat berat, sangat berat. Pandemi Covid-19 telah membawa kita dalam suasana yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata Presiden Jokowi dalam acara tersebut yang disiarkan langsung dalam YouTube Universitas Padjadjaran.

Tak hanya Indonesia, kata Jokowi, sebanyak 215 negara di dunia juga mengalami kondisi serupa. Kondisi di mana harus menghadapi persoalan kesehatan dan ekonomi secara bersamaan. Semua negara terbata-bata menghadapi situasi tersebut lantaran tidak siap.

Karena itu, kata dia, persoalan pandemi ini harus dihadapi bukan dengan cara-cara yang biasa melainkan luar biasa atau extraordinary.

"Permasalahan yang ekstraordinary ini harus dihadapi dengan cara-cara extraordinary. Tantangan yang extraordinary harus dihadapi dengan extraordinary juga," ujarnya.


Editor : Faieq Hidayat