H-3 Lebaran, Harga Daging Ayam di Bandung Tembus Rp42.000 per Kilogram

Yogi Pasha ยท Selasa, 12 Juni 2018 - 14:33 WIB
H-3 Lebaran, Harga Daging Ayam di Bandung Tembus Rp42.000 per Kilogram
Pj Wali Kota Bandung M Solihin bersama Kadis Pangtan Elly Wasliah saat meninjau ketersediaan pangan di Pasar Induk Ciroyom, (Foto: iNews.id/Yogi Pasha)

BANDUNG, iNews.id - Harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional di Bandung, Jawa Barat (Jabar) terpantau mengalami kenaikan menjelang Lebaran. Lonjakan tertinggi terjadi pada harga daging ayam dan cabai tanjung.
 
Kenaikan harga kebutuhan pokok tersebut mendapatkan perhatian dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung. Berdasarkan pantauan iNews.id di Pasar Induk Ciroyom, kenaikan harga tertinggi terjadi pada daging ayam dan cabai tanjung.

Untuk daging ayam, para pedagang menjual daging ayam Rp42.000 per kilogram (kg) sebelumnya Rp30.000 hingga Rp32.000 per kg dan cabai tanjung mencapai Rp60.000 per kg sebelumnya Rp30.000 per kg.

“Selain daging ayam, harga daging sapi segat terpantau stabil sejak pertama puasa hingga H-2 Lebaran. Daging sapi segar ini dijual dengan harga Rp100.000-Rp120.000 per kg. Sedangkan untuk daging sapi beku dijual dengan harga Rp80.000 per kg,” kata Pj Wali Kota Bandung M Solihin saat meninjau Pasar Induk Ciroyom, Senin (11/6/2018) malam.

Solihin mengatakan, kenaikan harga daging ayam dan sejumlah kebutuhan pokok itu akibat tingginya permintaan. Namun, dia mengklaim kenaikan harga masih dalam batas normal. "Peningkatan harga karena hukum ekonomi. Masih wajar. Tapi, kami akan pantau terus peningkatannta," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung, Elly Wasliah memastikan, naiknya sejumlah harga kebutuhan pokok jelas Lebaran tersebut tidak membuat Pemkot Bandung untuk melakukan operasi pasar murah (OPM).

"Sepertinya kami tidak akan melakukan OPM karena kenaikannya masih batas wajar. Selain itu sekarang juga sudah mendekati Lebaran," katanya.


Editor : Muhammad Saiful Hadi