Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Cirebon Gelar Tes Swab Klaster Pasar Sumber

Toiskandar ยท Jumat, 29 Mei 2020 - 20:30 WIB
Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Cirebon Gelar Tes Swab Klaster Pasar Sumber
Warga berisiko klaster Pasar Sumber mendatangi posko tes swab di Stadion Watubelah, Kabupaten Cirebon, Jumat (29/5/2020). (Foto: iNews/Toiskandar)

CIREBON, iNews.id - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon menggelar tes swab terhadap warga yang melakukan kontak dengan dua pedagang Pasar Sumber yang terkonfirmasi Covid-19. Warga yang dites terdiri atas sesama pedagang dan kerabat dari dua pasien positif tersebut.

Warga di Kecamatan Sumber satu per satu mendatangi posko tes swab yang juga Pusat Edukasi dan Informasi Covid-19 Kabupaten Cirebon di Stadion Watubelah, Kabupaten Cirebon, Jumat (29/5/2020).

Gugus tugas menargetkan 100 orang berisiko dari klaster Pasar Sumber untuk mengikuti tes swab. Termasuk di dalamnya 40 orang yang melakukan kontak langsung dengan dua pedagang tersebut. Mereka terdiri atas keluarga yang tinggal serumah, kerabat, sesama pedagang, hingga pengunjung pasar.

"Alhamdulillah pengambilan sampel sudah dilakukan sejak pagi. Mereka semua yang ada di radius 100 meter dari pedagang positif, keluarganya juga. Mudah-mudahan semuanya datang," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni, Jumat (29/5/2020) siang.

Hasil tes swab akan keluar dalam satu hingga dua hari ke depan. Jika ditemukan ada yang positif, akan dilakukan penjemputan untuk dievakuasi ke rumah sakit rujukan.

"Hasilnya mungkin besok. Hari ini kalau sudah yang 100 orang itu datang hasilnya langsung kita kirim," tuturnya.

Selain menggelar tes swab, petugas juga terus melakukan sosialiasi di wilayah Kecamatan Sumber agar warga tetap di rumah, guna meminimalisasi penyebaran Covid-19.


Editor : Rangga Permana