Gempa Guncang Pangandaran, Getaran Dirasakan di Sukabumi hingga Cilacap

iNews.id ยท Selasa, 19 Mei 2020 - 18:56 WIB
Gempa Guncang Pangandaran, Getaran Dirasakan di Sukabumi hingga Cilacap
Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Getaran gempa magnitudo 5,2 yang guncang wilayah Kabupatan Pangandaran, Jawa Barat, Selasa (19/5/2020) dirasakan di daerah lain. Getaran gempa tersebut terasa di Kabupaten Sukabumi hingga Cilacap.

Getaran skala II MMI atau getaran seakan-akan truk lewat dirasakan di Parongpong, Puncak, Cisarua, Sagaranten, Kabubaten Bandung dan Cilacap. Kemudian getaran dirasakan di Tasikmalaya, Sukabumi dan Ciamis.

"Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Kabupaten Sukabumi III-IV MMI artinya bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah," ucap Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono, Selasa (19/5/2020).

Menurut Rahmat, gempa susulan terjadi pukul 18.00 WIB. Hasil monitoring BMKG belum ada aktivitas gempa bumi.

Selain itu, jenis gempa bumi tersebut dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menujam di bawah Lempeng Eurasia. Hasil analisis mekanisme menunjukkan gempa bumi itu memiliki mekanisme naik atau thrust fault.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktifitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menujam di bawah Lempeng Eurasia," ucap Rahmat.

Rahmat juga meminta masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak benar. Bangunan tempat tinggal juga dipastikan tahan gempa.

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ujarnya.


Editor : Faieq Hidayat