Gelar Perkara Pembakaran Bendera HTI, Polda Undang Ahli Hukum Pidana

Yogi Pasha ยท Selasa, 23 Oktober 2018 - 21:15:00 WIB
Gelar Perkara Pembakaran Bendera HTI, Polda Undang Ahli Hukum Pidana
Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto seusai mengikuti pertemuan tertutup membahas pembakaran bendera HTI bertuliskan kalimat tauhid. (Foto: iNews.id/Yogi Pasha)

BANDUNG, iNews.id – Polda Jawa Barat akan melakukan gelar perkara kasus pembakaran bendera HTI bertuliskan kalimat tauhid yang dilakukan oknum anggota Banser Garut.

Gelar perkara tersebut yang rencananya digelar Rabu (24/10/2018) siang itu menghadirkan ahli hukum pidana dan ahli agama untuk mengetahui apakah ada unsur pelanggaran pidana atau penistaan terhadap agama.

Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan ahli hukum pidana dan ulama berkaitan dengan aspek pidana dalam kasus tersebut. "Insya Allah besok siang akan hadir di Mapolda untuk melakukan gelar perkara. Sementara itu yang dapat kami sampaikan," ujarnya seusai mengikuti pertemuan tertutup dengan jajaran Forkopimda Jabar, Selasa (23/10/2018).

Kapolda menegaskan, tiga pelaku pembakaran bendera HTI dengan inisial A, M dan F sudah diamankan dan saat ini masih dalam proses pemeriksaan di Polres Garut. "Kejadian pembakaran bendera HTI di Alun-alun Limbangan Garut dilakukan sementara oleh tiga orang dengan inisial A, M, F, sekarang sedang dilakukan pemeriksaan," ungkap Kapolda.

Agung juga menegaskan sudah memerintahkan Kapolres Garut untuk dilakukan pemeriksaan mendalam pada 3 orang tersebut hingga tuntas.

Sesuai instruksi Gubernur, lanjut Agung, masyarakat agar bersama-sama menjaga kondusivitas Jawa Barat yang telah terjalin baik dan mengawal proses penyelidikannya.

"Mari kita kawal prosesnya semoga segera tuntas. Saya juga mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk bisa bersikap cerdas jangan mudah terpengaruh, kalau ada informasi di Medsos hendaknya bertabayyun terlebih dulu," kata Agung.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: