Geger Pria Ngaku Keturunan Sultan, Begini Respons Keraton Kasepuhan Cirebon

Antara ยท Senin, 29 Juni 2020 - 09:39 WIB
 Geger Pria Ngaku Keturunan Sultan, Begini Respons Keraton Kasepuhan Cirebon
Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Cirebon, Jawa Barat PRA. Arief Natadiningrat. (Foto ANTARA).

CIREBON, iNews.id - Video pria Radja Jamaludin Aluda Tajul Arifin mengaku keturunan Sultan Sepuh XI Keraton Kasepuhan Cirebon, Jawa Barat viral di media sosial. Bahkan dia mulai mengambil alih Keraton Kasepuhan Cirebon, Sabtu (27/6/2020).

Menanggapi hal tersebut, Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Cirebon,Arief Natadiningrat mengatakan tindakan tersebut iseng yang sangat tidak berdasar.

"Tindakan tersebut (pengambilalihan Keraton Kasepuhan) merupakan tindakan iseng yang sangat tidak berdasar," kata Sultan Arief melalui pesan tertulis yang diterima di Cirebon, Minggu (28/6/2020).

Sultan Arief mengatakan oknum tersebut bukan orang yang berhak atas tahta Keraton Kasepuhan Cirebon, baik secara silsilah, adat istiadat serta tradisi yang berlaku secara turun temurun Kesultanan.

"Oknum itu tidak berhak atas gelar kerajaan dan bukan Sultan juga bukan merupakan putra Sultan. Yang berhak atas gelar Sultan harus merupakan putra Sultan, sesuai adat istiadat serta tradisi yang berlaku secara turun temurun Kesultanan di Keraton Kasepuhan Cirebon," ujarnya.

Atas kejadian itu, Arief mengaku segera mengambil jalur hukum atas insiden beredarnya video pengambilalihan tahta, karena sudah melanggar hukum.

"Kejadian ini (video pengambil alihan Keraton Kasepuhan) layak dilaporkan secara hukum ke Kepolisian," kata Sultan Arief.

Arief mengatakan perbuatan orang yang mengaku sebagai keturunan tersebbut melanggar hukum yang berlaku. Pasalnya Radja dan kelompoknya mencemarkan nama baik Keraton Kasepuhan Cirebon, dan masuk ke dalam keraton tanpa izin.

"Mereka juga melakukan ancaman pembunuhan dan telah menyiarkan berita kebohongan, oleh karenanya telah melanggar UU ITE dan KUHP yang masuk ranah pidana," ujarnya.

Sebelumnya, beredar video terkait pengambilalihan dan juga penyegelan Dalem Arum Keraton Kasepuhan, serta penurunan foto Sultan Sepuh XIV Arief Natadiningrat oleh seorang yang mengaku sebagai keturunan sah dari Sultan XI.

"Hari ini Sabtu tanggal 27 Juni 2020. Kami keturunan asli dari Sultan Sepuh XI Jamaludin Aluda Tajul Arifin. Dengan ini kami menyatakan mengambil alih Keraton Kasepuhan dari tangan saudara Arief. Demikian statemen kami buat untuk disebarluaskan ke Pemerintah Kota Cirebon, Jawa Barat dan masyarakat Kota Cirebon," kata pria tersebut.


Berita Lain Bisa Dibaca di Sindonews.com : Tahu Gejrot, Jajan Khas Cirebon yang Pedasnya Menyegarkan


Editor : Faieq Hidayat