Gantikan Boyke, Ini Profil Sufmi Dasco Ahmad Rektor UKRI yang Baru

Muhammad Fida Ul Haq ยท Jumat, 10 Januari 2020 - 22:13 WIB
Gantikan Boyke, Ini Profil Sufmi Dasco Ahmad Rektor UKRI yang Baru
Ilustrasi (dok. iNews)

JAKARTA, iNews.id - Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad ditunjuk sebagai rektor Universitas Kebangsaan Republik Indonesia (UKRI) yang baru oleh Prabowo Subianto. Sufmi akan menggantikan rektor sebelumnya, Boyke Setiawan, yang baru saja wafat.

Sufmi Dasco lahir di Bandung 52 tahun silam. Sufmi saat ini menjabat sebagai wakil ketua DPR periode 2019-2024. Sebelum berkecimpung di bidang politik, Sufmi lebih dulu akrab dengan politikus Gerindra lainnya Fadli Zon karena urusan bisnis.

Sufmi terlibat langsung selama pendirian Partai Gerindra. Dia pernah menjabat sebagai Ketua Kaderisasi dan Kelembagaan Partai Gerindra.

Dia mulai terpilih menjadi anggota DPR pada tahun 2014. Sufmi bekerja di Komisi III yang membidangi hukum, hak asasi manusia, dan keamanan.

BACA JUGA:

Prabowo Tunjuk Sufmi Dasco Gantikan Boyke Jadi Rektor UKRI

Boyke Setiawan Rektor UKRI Meninggal Dunia

Saat Pemilihan Presiden 2019, Sufmi menjabat sebagai Direktur Advokasi dan Hukum. Sufmi juga kembali terpilih menjadi anggota DPR pada tahun 2019.

Prabowo menunjuk Sufmi sebagai Wakil Ketua DPR periode 2019-2024. Dia ditunjuk karena berperan sebagai salah satu pendiri partai.

Sebelumnya, Prabowo telah menunjuk secara remi Sufmi menjadi Rektor Universitas Republik Indonesia. Sufmi menggantikan Boyke Setiawan yang baru saja meninggal.

"Saya diberikan amanat oleh Pak Prabowo untuk menggantikan Pak Boyke Setiawan, yang kemarin wafat. Untuk melanjutkan perjuangan membangun kampus UKRI di Bandung, Jawa Barat," kata Sufmi kepada iNews.id, Jumat (10/1/2020).


Editor : Muhammad Fida Ul Haq