Gaji Belum Dibayar 2 Bulan, Ratusan Karyawan RSUD Cianjur Mogok Kerja

Mochamad Andi Ichsyan ยท Sabtu, 24 Maret 2018 - 20:02:00 WIB
Gaji Belum Dibayar 2 Bulan, Ratusan Karyawan RSUD Cianjur Mogok Kerja
Para karyawan RSUD Cianjur menggelar aksi mogok kerja karena gaji mereka belum dibayar selama dua bulan. (Foto: iNews/Mochamad Andi Ichsyan)

CIANJUR, iNews.id – Ratusan karyawan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cianjur, Jawa Barat (Jabar), melakukan unjuk rasa dan mogok kerja selama tiga jam di halaman kantor direksi RSUD Cianjur, Sabtu siang (24/3/2018). Karyawan mempertanyakan penyebab gaji mereka belum dibayar selama dua bulan.

Para karyawan RSUD Cianjur mengatakan, manajemen rumah sakit terlambat membayar gaji mereka untuk bulan Januari dan Februari tanpa alasan yang jelas. Manajemen hanya beralasan, pembayaran gaji tertunda karena RSUD Cianjur juga terlambat menerima pembayaran klaim dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Namun, karyawan menilai manajemen tidak transparan menjelaskan penyebab sebenarnya.

“Saat ini, ada sebanyak 1.500 lebih karyawan RSUD Cianjur yang belum mendapatkan haknya selama dua bulan. Karena itu, kami berupaya melakukan dialog dengan pihak direksi RSUD Cianjur,” kata koordinator aksi Forum Komunikasi Karyawan Rumah Sakit Cianjur, Edi Sutanto.

Para karyawan khawatir karena belum mendapat kepastian soal pembayaran gaji untuk bulan Januari dan Februari. Sementara sat ini, mereka juga seharusnya akan menerima gaji untuk bulan Maret. Karyawan berharap manajemen RSUD Cianjur menyampaikan secara transparan penyebab pembayaran gaji tertunda. Karyawan juga berharap mendapat kepastian kapan gaji akan dibayar.

“Para karyawan banyak permasalahan saat ini dengan terkendalanya pembayaran hak kami. Kami sudah menanyakan persoalan ini kepada manajemen. Kami melayangkan surat ke manajemen untuk mengklarifikasi kendalanya di mana. Apabila terkendalanya di BPJS Kesehatan, mungkin kami bisa membantu jajaran direksi untuk mempertegas hal ini ke BPJS Kesehatan,” papar Edi Sutanto.

Selain berorasi secara bergantian, karyawan melakukan doa bersama agar persoalan keterlambatan pembayaran gaji bisa secepatnya dibayarkan. Karyawan juga berdoa agar masalah itu tidak menimbulkan persoalan terhadap pelayanan kepada para pasien di RSUD Cianjur.

Sementara dari pantauan, aksi unjuk rasa dan mogok kerja ratusan karyawan yang berlangsung selama tiga jam ini tidak mempengaruhi pelayanan terhadap pasien RSUD Cianjur. Sebab, para perawat tetap memberikan pelayanan terhadap pasien secara bergantian.

Editor : Maria Christina