Dinkes Bandung Tes Swab di 9 Titik untuk Lacak OTG Corona

Sindonews ยท Kamis, 14 Mei 2020 - 13:06 WIB
Dinkes Bandung Tes Swab di 9 Titik untuk Lacak OTG Corona
Ilustrasi virus corona (Antara)

BANDUNG, iNews.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung melakukan tes swab di sembilan titik untuk melacak penyebaran virus di wilayah Jawa Barat. Tujuannya tes swab ini mencari orang tanpa gejala (OTG) virus corona.

Petugas Surveillance Dinkes Kota Bandung Asep Hariri mengatakan mereka yang termasuk OTG lebih berisiko menularkan virus corona ke banyak orang dibanding yang telah diketahui positif dan menjalani perawatan atau isolasi mandiri.

"Tujuannya untuk mencari apakah ada OTG yang tidak atau belum diketahui statusnya. Karena OTG ini, positif atau tidak, tanpa pemeriksaan sangat berisiko menularkan ke orang banyak," kata Asep Hariri di lokasi tes swab exit Tol Pasteur, Jalan Dr Djunjunan, Kota Bandung, Kamis (14/5/2020).

Lokasi tes swab berada di exit Tol Pasteur, sasaran para pengendara yang melintasi exit Tol Pasteur. Selain di exit Tol Pasteur, tes swab juga dilaksanakan di exit Tol Pasirkoja, Tol Buahbatu, Tol MohToha, dan Tol Kopo.

Tes swab juga berlangsung di Gasibu, Jalan Dipenogoro, dan Bundaran Cibiru batas Kota dengan Kabupaten Bandung.

"Target kami hari ini ada 200 orang yang dites swab. Setiap titik kami maksimalkan 30 menit untuk melakukan tes," ujar dia.

Sejuah ini sebanyak 30 orang melakukan tes swab. Para petugas Dinkes Kota Bandung yang melakukan pengetesan menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap. Orang yang menjalani tes swab di antaranya petugas siaga di check point, pengguna jalan dan masyarakat sekitar check point.

Berita Lain Bisa Dibaca di Sindonews.com : Ini Sanksi dan Denda Bagi Pelanggar PSBB di Kota Bekasi


Editor : Faieq Hidayat