Diguyur Hujan Deras, Tebing di Kadudampit Sukabumi Longsor Timpa Rumah Warga

Indra Firdaus ยท Kamis, 09 September 2021 - 11:32:00 WIB
Diguyur Hujan Deras, Tebing di Kadudampit Sukabumi Longsor Timpa Rumah Warga
Sebuah rumah di Desa Cikahuripan, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi rusak parah tertimpa tanah longsor. (Foto: iNewsTv/Indra Firdaus)

SUKABUMI, iNews.id - Sebuah tebing di Kampung Gandamaya, Desa Cikahuripan, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, longsor setelah diguyur hujan cukup lebat. Akibatnya, satu rumah rusak parah tertimpa material longsoran berupa tanah merah bercampur batu dan air. 

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, meski warga harus menderita kerugian materiel hingga mencapai puluhan juta rupiah. 

Tebing setinggi 5 meter dengan panjang sekitar 15 meter itu mendadak ambrol lantaran tidak kuat menahan debit air yang cukup tinggi. Terlebih kontur tanah dari tebing tersebut terbilang labil dan rawan terjadi longsoran. 

Satu rumah milik Deden pun mengalami kerusakan cukup parah akibat terkena tanah longsoran. Bagian atap, dinding depan dan samping roboh hingga rumah tersebut tidak bisa lagi ditempati. Semua penghuni rumah terpaksa mengungsi ke tempat saudaranya lantaran khawatir seluruh bangunan rumah ambruk dan terjadi longsor susulan. 

"Memang tanah di perkampungan itu cukup labil hingga begitu diguyur hujan langsung longsor. Satu rumah milik Pak Deden rusak, sedangkan dua rumah lainnya terancam. Untuk penghuni rumah yang terancam tidak mengungsi, tetap tinggal di situ," kata petugas P2BK Kadudampit, Saripudin, Kamis (9/9/2021).

Dia menjelaskan, untuk rumah yang rusak selama ini dihuni oleh tiga jiwa, sedangkan dua rumah lagi dihuni dua kepela keluarga. Pihaknya mengimbau agar tetap waspada di saat hujan mulai turun. Sebab, longsor bisa terjadi tiba-tiba.   

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: