Diguyur Hujan Deras, Puluhan Makam di Permakaman Khusus Covid-19 Cikadut Ambles

Ervan David · Kamis, 11 November 2021 - 12:28:00 WIB
Diguyur Hujan Deras, Puluhan Makam di Permakaman Khusus Covid-19 Cikadut Ambles
Permakaman khusus Covid-19 Cikadut, Kota Bandung. Akibat diguyur hujan deras, puluhan makam ambles. (Foto: iNews/Ervan David)

BANDUNG, iNews.id - Puluhan makam di tempat permakaman khusus Covid-19 Cikadut, Kelurahan Jatihandap, Kecamatan Mandalajati, Kota Bandung, ambles. Peristiwa ini terjadi akibat hujan deras yang mengguyur kawasan itu selama beberapa jam.

Selain akibat hujan deras, rusaknya 30 makam pada Rabu (10/11/2021) itu juga terjadi akibat buruknya kualitas peti mati dan penggalian menggunakan alat berat. Sehingga, makam tidak dilakukan pemadatan. 

Petugas UPT 3 Permakaman Cikadut Rasef mengatakan, sebagian besar makam yang ambles masih baru, sekitar empat bulan. Sedangkan makam yang telah lama, tidak mengalami ambles karena tanahnya telah padat.

"Penggalian menggunakan alat berat dan kualitas peti yang buruk juga diduga menjadi penyebab makam ambles. Seperti peti mati terbuat dari karton, itu cepat ambles. Sekarang sebagian makam yang ambles sudah dibetulkan kembali oleh petugas," kata Rasef.

Sejak pandemi melanda awal 2020 lalu sampai saat ini, permakaman khusus Covid-19 Cikadut diisi oleh 3.800 jenazah korban Covid 19. Sejak dua minggu terakhir, petugas tidak lagi menerima jenazah Covid-19 karena tempat permakaman khusus Covid-19 Cikadut sudah penuh.

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: