Diguyur Hujan Berjam-jam, Tebing di Cirata Purwakarta Longsor, Akses Sempat Terputus

Asep Supiandi ยท Selasa, 26 April 2022 - 03:44:00 WIB
Diguyur Hujan Berjam-jam, Tebing di Cirata Purwakarta Longsor, Akses Sempat Terputus
Petugas gabungan berusaha membersihkan material longsoran yang menutup badan jalan jalur Cirata-Maniis, Pirwakarta. (Foto: Istimewa)

PURWAKARTA, iNews.id - Hujan deras turun berjam-jam mengakibatkan tebing longsor di sekitar Waduk Cirata, Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta, Senin (25/4/2022) malam. Longsoran itu sempat memutus akses Cirata-Maniis dari kedua arah lantaran material tanah menutup badan jalan.
 
Kapolsek Maniis, AKP Suparlan menyebutkan, longsor tersebut terjadi sekitar 19.00 WIB, diakibatkan curah hujan turun cukup deras di wilayahnya sejak sore. Sehingga material tanah dari tebing terbawa longsor dan menutup jalan. 

"Ketebalan tanah sekitar setengah meter dengan luasan jalan tertutup longsoran 80 meter persegi. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa," kata Suparlan kepada MPI, Selasa (25/4/2022) dini hari.

Setelah longsor, kata dia, petugas dari Polsek Maniis, BPBD Kabupaten Purwakarta, Ditpam Obvit Polda Jabar, Sekuriti PJB Cirata mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan pembersihan tanah. Satu unit loader diterjunkan dari PJB Cirata guna membersihkan material tanah.

"Alhamdulilah pada pukul 22.00 WIB material tanah sudah bisa dibersihkan dan jalan bisa kembali dilalui kendaraan dari kedua arah," ujarnya.

Akan tetapi, alat berat masih disiagakan di lokasi kejadian untuk mengantisipasi longsor susulan. Hal itu dilakukan karena menjelang malam hari hujan masih turun. 

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: