Diduga Cerobong Pabrik Bocor, Ratusan Warga Cigempol Karawang Keracunan Massal

Nilakusuma · Kamis, 03 Juni 2021 - 15:18:00 WIB
Diduga Cerobong Pabrik Bocor, Ratusan Warga Cigempol Karawang Keracunan Massal
Ratusan warga diduga keracunan dari gas coustic soda milik PT Pindodeli yang bocor dirawat di kantor Desa Kutamekar, Karawang. (Foto: iNews.id/Nilakusuma)

KARAWANG, iNews.id - Ratusan warga di Kampung Cigempol, Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel, Karawang, diduga keracunan gas dari cerobong pabrik yang bocor, Kamis (3/6/2021). Gas beracun yang keluar dari cerobong asap milik PT Pindodeli Pulp and Paper Mills 2, yang terindikasi mengandung coustic soda.

Warga sekitar yang menghirup gas beracun tersebut mengalami gejala sama, yakni merasakan pusing dan sesak nafas.

Menurut Sekretaris Desa Kutamekar, Dayat, peristiwa keracunan terjadi sekitar pukul 12.39 siang. Saat itu warga sempat panik seusai mereka mengeluhkan sesak nafas dan pusing. 

"Baunya menyengat sekali seperti detergen kemudian mereka sesak nafas dan merasakan kepala pusing," kata Dayat.

Mengetahui warganya keracunan segera dievakuasi ke kantor desa dan memanggil petugas Puskesmas Ciampel untuk memeriksa kondisi kesehatan warga yang keracunan. Sementaran warga yang pingsan dilarikan ke rumah sakit. Jumlah korban gas beracun terus bertambah hingga mencapai warga di RT 01 dan 02 Kampung Gempol. 

"Kami meminta bantuan ambulans untuk menjemput warga yang keracunan di dalam rumahnya," katanya.

Berdasarkan pemantauan, warga sempat panik dan berlarian keluar rumah. Belasan mobil ambulans mendatangi rumah-rumah warga yang keracunan. Beberapa warga harus menggunakan alat bantu pernapasan karena kondisinya semakin payah. 

"Untungnya petugas kesehatan dari puskesmas datang membantu," ujarnya.

Menurut Dayat, kejadian keracunan sudah berkali-kali terjadi yang disebabkan bocornya cerobong asap milik PT. Pindodeli. Namun kebocoran kali ini paling parah karena korbannya mencapai ratusan.  

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: