Deklarasi KAMI, Gatot Nurmantyo Bakal Hadiri Nobar Film G30S/PKI di Karawang

Mohamad Fachruddin ยท Selasa, 29 September 2020 - 09:03:00 WIB
Deklarasi KAMI, Gatot Nurmantyo Bakal Hadiri Nobar Film G30S/PKI di Karawang
Ketua KAMI Karawang, Elyasa Budianto. (Foto iNews/M Fachruddin).

KARAWANG, iNews.id - Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) akan deklarasi di Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat pada Rabu (30/9/2020). Usai deklarasi, KAMI juga menggelar nonton bareng film G30S/PKI.

Ketua KAMI Karawang, Elyasa Budianto mengatakan acara deklarasi dan nobar film tersebut akan dihadiri mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo.

"Nobar jadi sebuah hot news deklarasi KAMI karena Pak Gatot saat Panglima TNI memerintahkan nobar film G30S/PKI," kata Budianto di Karawang, Senin (28/9/2020).

Budianto mengklaim sudah mengantongi izin dari aparat dan Pemkab Karawang mengadakan deklarasi dan nobar film. Nantinya 100 orang akan hadir dalam acara tersebut.

Selain acara itu, kata dia, para tokoh purnawirawan TNI dan legiun veteran akan bersilaturahmi di Karawang. "Tempat dan hari sudah 90 oersen karena surat sudah disampaikan dan rumah kami singgah (deklarasi) sudah oke," kata dia.

Terkait penolakan KAMI di beberapa daerah, kata dia pemerintah Joko Widodo seharusnya tidak antikritik. Pemerintah diminta tidak menolak kebebasan berserikat dan berkumpul.

"Padahal UUD berserikat dan berkumpul dibolehkan, kalau begitu kan memberangus serikat dan berkumpul," ucap dia.

Editor : Faieq Hidayat