Cuaca di Ciayumajakuning Panas meski Musim Hujan, Ini Kata BMKG

Inin nastain ยท Minggu, 09 Januari 2022 - 09:58:00 WIB
Cuaca di Ciayumajakuning Panas meski Musim Hujan, Ini Kata BMKG
Musim hujan. (Foto: Ilustrasi/DLPNG)

MAJALENGKA, iNews.id - Di tengah musim hujan, cuaca di Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning) cenderung panas dalam beberapa hari terakhir. Kondisi tersebut terjadi pada siang hari antara pukul 09.00 WIB sampai 15.00 WIB.

Prakirawan BMKG Kertajati Ahmad Faa Izyin mengatakan, kondisi tersebut terjadi karena adanya faktor alam yang tidak normal. Adanya sirkulasi siklonik menjadi salah satu pemicu cuaca terik yang terjadi dalam beberapa hari terakhir.

"Iya memang beberapa hari terakhir, sekitar 5 hari yang lalu cukup terik. Ini karena ada sirkulasi siklonik di sekitar Laut Natuna yang menahan massa uap dari Asia," kata Faiz, Minggu (9/1/2022).

Kondisi tersebut, lanjut dia, menyebabkan uap air ke belahan bumi selatan (BBS),  relatif lebih sedikit dari biasanya. Selain itu, jelas dia, kelembaban udara yang kering terjadi di pulau Jawa, khususnya Jawa Barat bagian selatan, Tengah dan sebagian timur.

"Alhasil asupan untuk pembentukan awan-awan hujan jadi berkurang. Ini terjadi tidak hanya di Ciayumajakuning aja," kata dia.

Kendati demikian, kata Faiz, kondisi tersebut diprakirakan sudah berkahir. Hal itu mengingat pemicu- pemicu tersebut sudah tidak ada lagi. "Mulai hari ini tanggal 9 Januari normal kembali. Karena penyebabnya itu sudah nggak ada," ujarnya.

Sementara, cuaca Ciayumajakuning pada Minggu (9/1/2022) ini cerah berawan pada pagi sampai siang. Dari siang sampai malam, sekitar pukul 20.00 WIB, wilayah itu diguyur hujan ringan sampai sedang. "Malam hari, kembali cerah berawan," ucap dia.

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: