Cuaca Buruk, Harga Cabai dan Bawang Merah di Bandung Melonjak

Ervan David · Senin, 06 Juni 2022 - 08:37:00 WIB
Cuaca Buruk, Harga Cabai dan Bawang Merah di Bandung Melonjak
Harga bawang dan cabai merah di Pasar Kosambi, Kota Bandung melonjak. Kenaikan harga itu terjadi diduga akibat cuaca buruk. (FOTO: iNews/ERVAN DAVID)

BANDUNG, iNews.id - Harga komoditas bumbu dapur seperti cabai dan bawang merah di pasar-pasar tradisional Kota Bandung naik. Cuaca buruk yang menyebabkan petani bawang dan cabai gagal panen diduga sebagai pemicu kenaikan harga tersebut.

Di Pasar Kosambi, Jalan A Yani, Kota Bandung, harga bawang merah yang sebelumnya dijual dengan harga Rp40.000 kini menjadi Rp50.000-Rp60.000. Sedangkan harga cabai merah naik dari Rp40.000 kini menjadi Rp60.000-Rp70.000. 

Cabaik keriting, rawit merah dan hijau juga naik. "Akibat cuaca buruk, para petani bawang dan cabai gagal panen. Imbasnya, pasokan ke pasar berkurang dan harga naik," kata Dela, pedagang sayuran.

Akibat kenaikan harga tersebut sangat dikeluhkan oleh para pembeli. Mereka berharap komoditas sayuran segera turun. "Saya mah buat masak di rumah aja, bukan buat apa-apa. Keberatan sekali dengan kenaikan harga ini. Apalagi sekarang lgi susah," Dewi, pembeli.

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: