Cirebon Darurat Narkoba, 39 Orang Ditangkap Periode Januari-Februari 2020

Antara ยท Sabtu, 22 Februari 2020 - 11:10 WIB
Cirebon Darurat Narkoba, 39 Orang Ditangkap Periode Januari-Februari 2020
Polresta Cirebon saat ekspose kasus narkoba di wilayah hukumnya sepanjang Januari-Februari 2020. (Foto: Antara)

CIREBON, iNews.idPolresta Cirebon menangkap 39 pengedar dan pelaku penyalahgunaan narkoba serta obat-obatan terlarang dengan menyita sejumlah barang bukti. Penangkapan ini dalam kurun waktu kurang dari dua bulan sepanjang periode Januari-Februari 2020.

Dengan banyaknya tersangka pengedar dan penyalahgunaan narkoba dalam waktu hanya sebulan setengah, menandakan Kabupaten Cirebon bisa dikategorikan darurat narkoba.

"Sudah bisa masuk kategori Kabupaten Cirebon ini darurat narkoba," ujar Kapolresta Cirebon Kombes Pol M Syahduddi, Jumat (21/2/2020).

Dia mengatakan, ke-39 pelaku terlibat peredaran narkoba jenis sabu, ganja dan obat-obatan terlarang. Beberapa di antaranya yakni berinisial CS, MA, HR, RP, NY, RM, MF dan AF. Mereka terbukti menyalahgunakan dan mengedarkan sabu.

"Mereka ini beraksi di wilayah Plered, Weru, Klangenan. Termasuk spesial di jalur pantura Cirebon," katanya.

Selain sabu, ada juga pengedar ganja dan obat terlarang yang diamankan. Yakni di antaranya AS, CS, AG, AJ dan CR. Petugas juga menangkap pelaku perempuan berinisial HR yang mengaku telah mengonsumsi sabu selama 1,5 tahun.

"Kalau yang perempuan ini berinisial HR. Dia sudah tertangkap dua kali dengan kasus yang sama. Yaitu mengonsumsi sabu," ucapnya.

Kapolresta mengungkapkan, dari tangan para pelaku menyita beberapa barang bukti seperti sabu seberat 5,8 gram, ganja 1,7 ons dan obat-obatan terlarang sebanyak 14.445 butir.

Akibat perbuatannya, para tersangka pengedar narkotika jenis sabu akan dikenakan Pasal 114 ayat 2 Jo Pasal 112 ayat 2 UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman 15 tahun penjara. Sementara untuk pengedar obat terlarang dikenakan Pasal 196 jo Pasal 197 UU RI Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.


Editor : Donald Karouw