Cerobong Pabrik di Purwakarta Bocor, Belasan Warga Tumbang akibat Keracunan Gas

Sindonews.com ยท Rabu, 05 Februari 2020 - 12:55 WIB
Cerobong Pabrik di Purwakarta Bocor, Belasan Warga Tumbang akibat Keracunan Gas
Ilustrasi (dok. SIndonews)

PURWAKARTA, iNews.id - Belasan warga Kampung Sawah, Desa Cilangkap, Kecamatan Babakan Cikao, Kabupaten Purwakarta, keracunan gas berbahaya, Selasa (4/2/2020) malam. Gas beracun tersebut diduga berasal dari cerobong salah satu pabrik yang bocor di dekat permukiman warga.

Warga yang menghirup gas beracun dilarikan ke kilinik dan rumah sakit terdekat. Bahkan, satu korban terdapat ibu hamil dan harus mendapatkan penanganan serius dari petugas medis.

Beberapa korban yang terdata, di antaranya Yulia (33), Trianah (44), dan Rohmat, masih menjalani perawatan. Sedangkan korban lainnya, Pamungkas, Ilah, Peri, Enung, Latief, Erna, Enoh, Resa, Yeni, Trisnawati, Dariyari, Suryana, dan Dewi, sudah diperbolehkan pulang ke rumah.

Semua korban merupakan warga Kampung Sawah, RT 04/02, Desa Cilangkap, Kecamatan Babakan Cikao. Warga mengaku, peristiwa itu berawal ketika ada asap putih keluar dari cerobong pabrik serta tercium bau gas.

Beberapa warga yang menghirup gas itu langsung mengeluhkan pusing dan mual. Warga menuturkan peristiwa ini sudah terjadi berkali-kali.

Kasat Reskrim Polres Purwakarta AKP Handreas Ardian menjelaskan, berdasarkan keterangan sementara, peristiwa itu berasal dari ACID Plan 3 ketika sedang proses start-up pukul 17.30 WIB. Sebelumnya dilakukan perbaikan dan pergantian katup.

“Tiba-tiba menggeluarkan gas CO2 dan terhirup warga sekitar. Kami masih melakukan penyelidikan,”ungkap Handreas, Rabu (5/2/2020).

Sampai saat ini polisi masih memintai keterangan saksi-saksi guna memastikan penyebab dari peristiwa keracunan tersebut. Sampai sejauh ini sudah lima orang saksi dimintai keterangan, terdiri dari warga dan karyawan pabrik.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq