Cegah Peredaran Narkoba, Pegawai Lapas Kelas II B Purwakarta Dites Urine

Asep Supiandi, Sindonews ยท Jumat, 03 Juli 2020 - 15:01 WIB
Cegah Peredaran Narkoba, Pegawai Lapas Kelas II B Purwakarta Dites Urine
Ilsutrasi tes urine. (Foto Ist).

PURWAKARTA, iNews.id - Semua pegawai Lapas Kelas II B Purwakarta, Jawa Barat mendadak dites urine, Jumat (3/7/2020). Pengetesan ini bertujuan antisipasi atau pencegahan peredaran narkoba di dalam lapas.

Kepala Urusan Pembinaan dan Operasional Satuan Reserse Narkoba (Satnarkoba) Polres Purwakarta Iptu Rudiyanto, mengapresiasi langkah Kepala Lapas Purwakarta yang secara rutin menggelar tes urine untuk mencegah penyalahgunaan narkoba khususnya di kalangan pegawai.

"Dalam kegitan tersebut, tercatat sekitar 50 petugas melakukan tes urine. Tes serupa pun akan terus dilakukan secara berkelanjutan dan menjadi agenda rutin guna mengantisipasi peredaran narkoba di dalam lapas khususnya Lapas Purwakarta," kata Rudi di Purwakarta, Jumat (3/7/2020).

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas II B Purwakarta Rino Soleh Sumitro menuturkan, tes urine mendadak ini dilakukan sebagai langkah pencegahan ataupun peringatan guna mendeteksi penyalahgunaan narkoba di lingkungan lapas.

"Jika nantinya terbukti ada pegawai yang positif menggunakan narkoba kami tidak segan-segan akan menindak tegas," ujar Rino.

Dia menjelaskan, kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas antara Polres dengan pihak Lembaga Pemasyarakatan, sebagai upaya memutus mata rantai penyalahgunaan dan peredaran narkoba. "Tes urine ini wajib bagi semua petugas tanpa terkecuali," ucap dia.


Editor : Faieq Hidayat