Bus Trans Metro Pasundan Koridor 2 Beroperasi, Ini Sikap Organda KBB

Adi Haryanto · Senin, 16 Mei 2022 - 18:37:00 WIB
Bus Trans Metro Pasundan Koridor 2 Beroperasi, Ini Sikap Organda KBB
Bus TMP koridor 2 rute Kota Baru Parahyangan-Padalarang-Alun-alun Kota Bandung resmi beroperasi. (Foto/MPI/Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Bus Trans Metro Pasundan (TMP) koridor dua dengan rute rute Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Bandung Barat-Alun-alun Kota Bandung, resmi beroperasi. Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kabupaten Bandung Barat (KBB) telah menyatakan sikap terkait TMP.

Ketua Organda KBB Asep Dedi Setiawan mengatakan, telah mengusulkan ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Dishub Jabar, terkait keberadaan shelter atau tempat pemberhentian dan menaikkan-menurunkan penumpang TMP.

"Kami usulkan Bus Trans Metro Pasundan koridor dua hanya punya dua shelter di KBB, yaitu di sekitar Cimareme dan Gadobangkong," kata Ketua Organda KBB, Asep Dedi Setiawan, Senin (16/5/2022).

Usulan itu disampaikan, ujar Asep Dedi Setiawan, untuk menghindari semakin habisnya penumpang angkutan umum (angkot), jika bus TMP koridor dua memiliki banyak shelter. Ini sekaligus menjaga kondusivitas antara awak bus Trans Metro Pasundan dengan sopir angkot. 

Sebab para sopir angkot tidak mau potensi penumpang mereka beralih ke moda transportasi bus koridor dua yang jumlahnya mencapai 18 unit. Jika memiliki banyak shelter, dikhawatirkan memicu aksi pengadangan oleh para sopir angkot yang terlintasi bus TMP.

"Kami selalu mewanti-wanti kepada para sopir angkot agar tidak bertindak anarkistis atau melakukan pengadangan yang bisa merugikan mereka sendiri. Kalau riak-riak dan keluhan para sopir di KBB juga banyak, tapi kami beri pemahaman agar tidak melakukan tindakan yang bisa merugikan masyarakat dan diri sendiri," ujar Asep Dedi Setiawan.

Sejauh ini, tutur Ketua Organda KBB, belum mengetahui apakah usulan yang disampaikan itu dipenuhi atau tidak. Serta apakah di lapangan bus TMP berhenti di shelter yang sudah ditentukan. Organda KBB sangat berharap usulan itu dipenuhi karena dua titik shelter juga jaraknya berjauhan sebelum bus itu kemudian masuk ke wilayah Cimahi. 

"Bantuan bus TMP dari pemerintah pusat ke Jabar dan KBB ini diapresiasi, demi perbaikan kualitas transportasi umum. Namun di sisi lain, jangan sampai membunuh kehidupan para sopir angkot," tutur Ketua Organda Cimahi. 

Seperti diketahui Bus TMP koridor dua dengan rute Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Bandung Barat -Alun-alun Kota Bandung, sudah beroperasi sejak Jumat (8/4/2022).

Di wilayah KBB tidak ada pengadangan yang dilakukan sopir angkota. Namun di Cimahi dan Kabupaten Bandung, sempat terjadi insiden penghadangan oleh sopir angkot dan videonya viral.

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: