Bupati Garut Segera Relokasi Korban Longsor Longsor di Sukamaju

Antara ยท Jumat, 21 Februari 2020 - 10:42 WIB
Bupati Garut Segera Relokasi Korban Longsor Longsor di Sukamaju
Longsor di Kecamatan Cisewu Garut, Senin (17/2/2020) (Foto: Antara)

GARUT, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, Jawa Barat, segera merelokasi warga yang rumahnya terdampak bencana tanah longsor di Desa Sukamaju, Kecamatan Talegong. Relokasi akan dipersiapkan di tempat yang aman dari bahaya bencana alam.

"Untuk lokasinya nanti kita akan minta ahli geologi untuk mengeceknya, kalau bebas gempa atau gerakan tanah, kita beli (tanah relokasi)," kata Bupati Garut Rudy Gunawan, Jumat(21/2/2020)

Rudy menuturkan Pemkab Garut akan berkoordinasi dengan pemerintah desa dalam merencanakan relokasi 24 rumah warga yang terdampak bencana longsor pada Senin (17/2/2020) dini hari. Dia juga menginstruksikan langsung Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut untuk mengawal pengecekan lokasi relokasi.

"Secepatnya ada kepastian lokasi untuk para pengungsi," katanya.

Dia menyampaikan setelah tanah relokasi dibeli, selanjutnya akan menerjunkan tim dan melibatkan warga untuk proses pembangunan rumah. Proyek pembangunan rumah itu, tidak akan menggunakan pemborong, melainkan langsung oleh dinas dan warga secara gotong royong.

"Tidak usah pakai pemborong, nanti dinas dengan warga bergotong royong," katanya.

Selama ini warga yang terdampak bencana tanah longsor mengungsi ke rumah saudara dan balai desa yang aman dari bencana longsor.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq