Bupati Garut Nilai Idul Adha Momentum Berempati di Tengah Pandemi Covid-19

Antara ยท Jumat, 31 Juli 2020 - 14:01 WIB
Bupati Garut Nilai Idul Adha Momentum Berempati di Tengah Pandemi Covid-19
Bupati Garut Rudy Gunawan (kedua kiri) menyerahkan sapi untuk kurban di Masjid Agung Kabupaten Garut, Jawa Barat. (Foto Antara).

GARUT, iNews.id - Bupati Garut, Jawa Barat Rudy Gunawan menilai perayaan Idul Adha menjadi momentum tepat dalam berempati. Masyarakat harus saling berbagi dan membantu kebutuhan pangan di tengah wabah Covid-19.

"Kurban ini menjadi bagian dari empati kepada sesama, apalagi di posisi sekarang ini kegiatan ekonomi tidak berlangsung dengan lancar. Sehingga masyarakat banyak mengalami kesulitan," kata Bupati Garut di Masjid Agung Garut, Jumat (31/7/2020).

Dia menuturkan, pelaksanaan Salat Idul Adha maupun saat proses penyembelihan dan pembagian daging hewan kurban berbeda dengan tahun sebelumnya. Saat ini harus mengikuti protokol kesehatan seperti memakai masker, tidak berkerumun dan rajin cuci tangan untuk menghindari penularan Covid-19.

Namun makna Idul Adha, kata Bupati, tetap terjaga dalam meningkatkan keimanan dan saling berbagi. Pemkab Garut juga mencanangkan tema Semangat Berkurban untuk Solidaritas Sosial dalam Tatanan Baru, Produktif dan Aman dari Covid-19".

Bupati menyampaikan, Salat Idul Adha diperbolehkan dengan syarat mematuhi protokol kesehatan. Untuk itu harus disyukuri bersama dan dijadikan momentum meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

"Tentu kita merindukan keadaan seperti ini karena di tahun ini kita tidak melaksanakan Salat Id (Idul Fitri) bersama-sama karena wabah corona. Tentu kita patut bersyukur Kabupaten Garut terus melakukan upaya-upaya pencegahan terhadap wabah corona ini," katanya.

Bupati menyampaikan, Idul Adha merupakan hari raya umat Islam yang memiliki nilai kepatuhan dan keikhlasan dalam menjalankan perintah Allah SWT. Selain itu belajar tentang makna pengorbanan Nabi Ibrahim.

"Spirit untuk berkorban bagi sesama bahkan yang lebih menonjol dalam kehidupan sehari-hari adalah tidak menang sendiri dan tidak menghiraukan penderitaan sesama," katanya.

Bupati menambahkan, dalam konteks kehidupan, semangat pengorbanan harus menjadi suatu yang penting untuk membangun kebaikan diri sendiri maupun orang lain.

Idul Adha, harap Bupati, menjadi momentum yang tepat untuk mengambil pelajaran tentang keikhlasan, pengorbanan dan tentunya belajar meningkatkan keimanan kepada Allah SWT.

"Banyak hikmahnya yang bisa kita petik dari perayaan Idul Adha ini, yaitu keikhlasan dan kerelaan berkurban bagi sesama," katanya.

Sementara itu, Bupati Garut dalam perayaan Idul Adha menyerahkan 8 ekor sapi dan 4 ekor domba yang terkumpul dari Wakil Bupati Garut, Sekretaris Daerah Pemkab Garut, Mandala 525 dan jamaah kepada DKM Masjid Agung Garut.


Editor : Faieq Hidayat