Budidaya Ikan dan Tanaman Hidroponik Digandrungi selama Masa Pandemi Covid-19

Toiskandar · Minggu, 09 Agustus 2020 - 06:52:00 WIB
Budidaya Ikan dan Tanaman Hidroponik Digandrungi selama Masa Pandemi Covid-19
Dedi Supriadi yang menjalankan budidaya ikan lele sekaligus tanaman hidroponik. (Foto: iNews/Toiskandar)

CIREBON, iNews.id - Budidaya ikan dan tanaman hidroponik menjadi salah satu hal yang digandrungi warga selama berada di rumah, khususnya di masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Usaha budidaya ikan ini tidak tersentuh dampak dari melemahnya aktivitas masyarakat di masa pandemi.

Banyak warga yang mencoba budidaya ikan jenis patin dan lele dengan bermodalkan ember bermuatan 80 liter air yang dipadukan dengan tanaman jenis kangkong. Salah satunya Dedi Supriyadi warga Desa Kepongpongan, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon.

Di saung inovasi miliknya, terdapat 27 kolam ikan jenis patin dan lele. Ikan ini bisa panen setelah tiga 3 bulan untuk lele dan lima bulan untuk patin. Setelah panen, kolam ini langsung diisi kembali dengan ikan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat di beberapa daerah di Jawa Barat.

Menurutnya, kendati masa pandemi, usaha budidaya ikan ini mengalami peningkatan dan tak tersentuh dampak layaknya usaha lain.

"Selama pandemi ini budidaya ikan justru meningkat karena orang punya banyak waktu lowong. Selain untuk mengisi waktu juga menjadi sumber usaha," ujar Dedi, Sabtu (8/8/2020).  

Selain kolam, dia juga membudidaya ikan melalui ember yang dikenal dengan istilah pendederan. Cara budidaya ini yang menurutnya banyak digandrungi masyarakat untuk mencukupi kebutuhan pangan keluarga.

"Di bagian atasnya bisa sekalian dijadikan sarana untuk menanam hidroponik dengan tanaman khas seperti kangkung atau sayuran lainnya," katanya.

Dia mengungkapkan, setiap bulannya, hampir 27 kolam ikan di saung inovasi miliknya selalu panen secara berkala. Ikan ini didistribusikan kepada pembeli di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Pangsa pasar yang tinggi dari ikan patin dan lele membuat ikan berkumis ini tidak sulit untuk dipasarkan dengan keuntungan yang menggiurkan.

Editor : Donald Karouw

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: