BPBD Sebut Kota Bekasi Lumpuh akibat Banjir

Sindonews.com ยท Selasa, 25 Februari 2020 - 13:09 WIB
BPBD Sebut Kota Bekasi Lumpuh akibat Banjir
Banjir di Bekasi, Selasa (25/2/2020) (Foto: Antara)

BEKASI, iNews.id - Pemerintah Kota Bekasi memastikan wilayahnya lumpuh akibat diterjang luapan banjir pada Selasa (25/2/2020) pagi. Sebab, banjir hampir menerjang semua permukiman, akses jalan warga yang tersebar di 56 Kelurahan se- Kota Bekasi.

"Saya pastikan hari ini (Selasa) Kota Bekasi lumpuh akibat luapan banjir di permukiman warga maupun akses jalan," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Banjir (BPBD) Kota Bekasi, Muhammad Jufri, Selasa (25/2/2020).

Berdasarkan pemetaan sementara hingga pukul 10.00 WIB. Terdata sebanyak 30 titik banjir di Kota Bekasi. Ketinggian air bervariasi ketinggian air mulai 60 centimeter hingga 200 centimeter. Namun, sebagian ada wilayah yang sudah mulai surut.

Status Kali Bekasi, tepatnya di pertemuan hulu Cileungsi dan Cikeas (P2C) dinaikkan menjadi Siaga 3 setelah terjadi peningkatan debit air pada Selasa (25/2) pagi. Adapun tinggi muka air (TMA) di hulu Sungai Cileungsi yang tadinya berstatus Siaga 4 kini kembali normal pada pukul 10.00 WIB.

Jufri mengatakan, pemerintah daerah membutuhkan bantuan perahu karet. Sebab, Kota Bekasi hanya memiliki 30 perahu karet dan belum bisa mencover wilayah yang terdampak banjir.

"Kami masih kekurangan perahu karet untuk evakuasi warga, masih banyak permukiman warga yang belum mendapatkan penanganan lebih lanjut," katanya. Meski demikian, 300 personel Satgas BPBD sudah dikerahkan bersama ratusan relawan lainya.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 22 titik wilayah di Kota Bekasi terpantau terendam banjirhingnga sedada orang dewasa. Tak hanya itu, akses melalui jalan tol juga tergenang antara 15 cm hingga 30 cm.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq