Bobol 29 Minimarket, 6 Perampok di Cirebon Ditangkap 1 di Antaranya Ditembak

Toiskandar ยท Kamis, 07 Mei 2020 - 01:03 WIB
Bobol 29 Minimarket, 6 Perampok di Cirebon Ditangkap 1 di Antaranya Ditembak
Enam perampok spesialis minimarket ditangkap Tim Antibandit Polresta Cirebon. (Foto: iNews/Toiskandar)

CIREBON, iNews.id - Tim Antibandit Satreskrim Polresta Cirebon menangkap enam perampok yang telah membobol 29 minimarket, Rabu (6/5/2020) sore. Satu pelaku yang merupakan otak perampokan ditembak polisi karena melawan saat hendak ditangkap.

Keenam perampok merupakan warga Kabupaten Cirebon. Mereka ditangkap petugas di rumahnya masing-masing.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M Syahduddi mengatakan, komplotan ini beraksi di siang dan malam hari dengan cara menodong langsung kasir minimarket dan meminta menyerahkan seluruh uang, barang dan brangkas minimarket.

“Untuk membobol minimarket, kawanan ini beraksi pada dini hari dengan cara menjebol tembok minimarket dengan palu. Dari catatan kami, komplotan ini telah beraksi di 29 minimarket dan menggasak barang serta uang senilai Rp400 juta,” kata Kombes Pol M Syahduddi.

Kapolresta mengatakan, petugas masih mengembangkan kasus perampokan itu untuk mengungkap pelaku lainnya. “Saat ini sudah kami kantongi identitas sejumlah pelaku lain,” ucapnya.

Akibat perbuatannya itu, keenam tersangka dijerat Pasal 363 dan 365 tentang Pencurian dengan Pemberatan. Ancaman hukuman maksimal sembilan tahun penjara.

Petugas juga menyita sejumlah barang bukti di antaranya palu besar, dua sepeda motor dan mobil yang digunakan untuk melancarkan aksi kejahatan.

Selain itu, sejumlah barang bukti sisa hasil kejahatan berupa susu kaleng, rokok dan amplop lebaran turut disita petugas. Namun sejumlah barang bukti yang penting di masa pandemi Covid-19 seperti masker, handsanitizer dan sarung tangan berhasil dijual pelaku saat seluruh barang tersebut kosong di pasaran.


Editor : Kastolani Marzuki