BNPB Gunakan Gudang Logistik Jatiasih sebagai Pos Pengungsi di Bekasi

Muhammad Fida Ul Haq · Minggu, 05 Januari 2020 - 02:45:00 WIB
BNPB Gunakan Gudang Logistik Jatiasih sebagai Pos Pengungsi di Bekasi
Lumpur sisa banjir di Bekasi, Sabtu (4/2/2020) (Foto: iNews/ Rahmat)

BEKASI, iNews.id - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggunakan gudang logistik di Jatiasih, Bekasi sebagai posko pengungsi. Posko pengungsi digunakan untuk menampung warga Bekasi dan sekitarnya yang terdampak banjir.

Lokasi gudang berada di Jl. Pondok Gede Permai, RT.009/RW.003, Jatirasa, Kec. Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat. Perumahan Pondok Gede Permai (PGP) diketahui sebagai salah satu wilayah di Kota Bekasi yang paling parah kondisinya saat diterjang banjir.

"Ini merupakan tugas berat bagi BNPB, pemerintah dan kita semua, karena bencana adalah urusan bersama," kata Kapusdatinkom BNPB, Agus Wibowo, dalam keterangannya, Sabtu (4/1/2020).

Kompleks PGP berada di tengah pertemuan Sungai Cikeas dan Cileungsi dan merupakan cekungan yang sangat rawan banjir. Kompleks tersebut terdiri dari 3 RW yaitu RW 8, RW 9 dan RW 10. Jumlah penduduk 5.456 orang (1.364 KK).

BACA JUGA:

Hilang Sepekan di Hutan Malinau Kaltara, Wisatawan asal Australia Berhasil Diselamatkan

Besok, Anies Ajak Warga Jakarta Kerja Bakti Bantu Korban Banjir

Air genangan di wilayah tersebut sudah mulai surut. Keluhan warga kini yakni kesulitan air bersih.

"Ini kurang air bersih aja, karena nggak ada listrik. Jadi nggak ada air," kata Rusman yang tinggal di PGP, Sabtu (4/1/2020).

Sebagian warga terpaksa menggunakan air got untuk membersihkan lumpur yang menempel di dinding dan lantai rumahnya. Rusman mengatakan lebih baik membersihkan lumpur segera sebelum mengering.

"Kalau nanti susah, ini pakai air yang ada aja," ucapnya.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq