BMKG Sebut 5 Daerah di Jabar Ini Berpotensi Diterjang Tsunami 20 Meter

Ervan David · Jumat, 25 September 2020 - 22:30:00 WIB
BMKG Sebut 5 Daerah di Jabar Ini Berpotensi Diterjang Tsunami 20 Meter
Ilustrasi tsunami. (Foto: Sindonews)

BANDUNG, iNews.id – Lima daerah di Jawa Barat berpotensi diterjang tsunami setinggi 20 meter berdasarkan kajian Institut Teknologi Bandung (ITB). Kelima daerah itu berhadapan langsung dengan pesisir Selatan Pulau Jawa yaitu Sukabumi, Garut, Pangandaran, Cianjur dan Tasikmalaya.

"Kita terus dan Pemerintah Daerah meningkatkan kapasitas masyarakat dan Pemda bertahap membangunan komponen rambu evakuasi," kata Kepala BMKG Bandung, Tony Agus Wijaya, Jumat (25/9/2020).

Dia mengatakan, gempa megathrust yang berada lempeng eurasia di laut Lepas Jawa akan berpotensi menimbulkan tsunami setinggi 20 meter menuju daratan. Daerah Sumatera, Selatan Jawa dan Selatan Nusa Tenggara mendapatkan dampak potensi gempa megathrust.  

"Di situ ada potensi gempa, jadi kami siap siaga seandainya bencana terjadi kami lebih siap," ucap Tony.

Dia menjelaskan, ciri-ciri terjadi tsunami adanya gelombang laut yang tiba-tiba suruh. Kemudian jika masyarakat yang tinggal di pinggir pantai merasakan gempa segera mencari dataran tinggi.

"Masyarakat yang tinggal di sekitar pinggir pantai meraksakan gempa segera menjauh karena itu potensi tsunami. Tapi masyarakat tidak perlu panik," kata dia.

Sebelumnya, Institut Teknologi Bandung (ITB) melakukan riset penelitian mengenai potensi tsunami di pantai selatan Jawa setinggi 20 meter.

Editor : Kastolani Marzuki