BMKG: Hujan Es Berpotensi Kembali Terjadi di Majalengka

Inin nastain ยท Selasa, 02 Maret 2021 - 12:57:00 WIB
BMKG: Hujan Es Berpotensi Kembali Terjadi di Majalengka
Warga sempat mengabadikan bola es yang dipungutnya sesaat setelah hujan es menerjang Desa Ranji Wetan, Majalengka. (Foto: iNews.id/Inin Nastain)

MAJALENGKA, iNews.id -  Fenomena hujan es di Desa Ranji Wetan, Kecamatan Kasokandel, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat pada Minggu (28/2/2021) lalu, berpotensi kembali terjadi. Hal itu mengingat cuaca saat ini dinilai masih mendukung terjadinya hujan es.

Prakirawan BMKG Kertajati Ahmad Faa Izyin mengatakan, ada beberapa indikasi terjadinya hujan es. Cuaca yang terik sejak pagi hingga siang adalah salah satu kondisi yang berpotensi terjadi hujan es.

"Menjelang siang, terlihat awan cumulus berwarna putih berlapis-lapis, dan menjadi awan cumulusnimbus yang berwarna abu-abu kehitam-hitaman menjulang tinggi seperti kol," kata dia.

Saat mulai turun hujan, jelas dia, akan terasa sangat dingin di sekitar lokasi yang akan turun hujan es itu. Selain itu, saat awal-awal, hujan akan turun dengan sangat deras, disertai petir dan angin kencang.

"Hujan es sendiri disebut juga Hail dan Rambun. Maknanya adalah hujan yang berbentuk bulatan-bulatan es, yang jatuh secara terpisah atau gumpalan. Diameternya antara 5 sampai 10 milimeter atau lebih besar," ujar dia.

"Pada kasus tertentu, suhu puncak awan yang sangat dingin menyebabkan ukuran bola es lebih besar dari biasanya. Kondisi ini membuat tidak semua bola es mencair dengan sempurna," ucap Faiz.

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: