Kampanye Pilwalkot Bandung

Blusukan di Cicadas dan Cikutra, Penataan PKL Jadi Prioritas Oded

Yogi Pasha ยท Selasa, 27 Februari 2018 - 15:34 WIB
Blusukan di Cicadas dan Cikutra, Penataan PKL Jadi Prioritas Oded
Calon Wali Kota Bandung Oded M Danial dan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana di Pasar Cikutra. (Foto: iNews.id/Yogi Pasha)

BANDUNG, iNews.id - Pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Nomor nomor urut tiga, Oded M Danial-Yana Mulyana menggelar kampanye di Kawasan Cicadas, Kota Bandung, Selasa (27/2/2018). Oded memulai dengan blusukan menyusuri Jalan Cikutra. Sementara, Yana Mulyana mengunjungi pemukiman padat penduduk di kawasan Cicadas.

Dari dua kawasan itu, pasangan yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Gerindra mengaku jika persoalan pedagang kaki lima (PKL) masih menjadi perhatian. Sebab, permasalahan PKL yang terjadi sejak tahun 2000 hingga saat ini belum bisa teratasi.

"Setelah saya menelusuri kawasan ini, ada dua keluhan utama dari masyarakat. Pertama dari pihak PKL, mereka meminta agar tetap dipertahankan. Tapi ada juga beberapa warga sekitar yang menyampaikan mereka merasa terganggu dengan keberadaan PKL," kata Oded.

Melihat kondisi itu, Oded menyiapkan program relokasi bagi para PKL. Menurut dia, langkah itu cukup adil bagi warga dan pedagang. "Ke depan kami akan menata PKL ini agar mereka bisa berjualan, tanpa menganggu kenyamanan masyarakat. Artinya, harus ada penataan, tapi yang ideal harus relokasi," ujarnya.

Sementara untuk PKL Cicadas, Oded mengaku telah merancang program penataan dengan konsep menyediakan lahan baru untuk pedagang. Namun, selama hampir lima tahun menjabat sebagai wakil wali Kota Bandung, upaya itu tak kunjung terealisasi. "Konsep besar kami di penataan, konsep saya dari awal harus ditata dan direlokasi. Kami cari tempat, urusan anggaran tidak masalah demi menata PKL, karena persoalan ini sudah lama," tuturnya.

Seusai menyapa warga, Oded mengaku mendapat dua aspirasi dari masyarakat soal kondisi pasar tumpah Cikutra. Pertama soal warga sekitar yang berharap pimpinan baru di Kota Bandung agar bisa menertibkan PKL. Sementara pedagang ingin keberadaan mereka dipertahankan.


Editor : Donald Karouw