Besok, Salat Jumat di Cirebon Ditiadakan demi Cegah Corona

Antara ยท Kamis, 02 April 2020 - 15:41 WIB
Besok, Salat Jumat di Cirebon Ditiadakan demi Cegah Corona
Wali Kota Cirebon, Nasrudin Azis sampaikan salat Jumat ditiadakan, Rabu (2/4/2020) (Foto Antara)

CIREBON, iNews.id - Wali Kota Cirebon, Jawa Barat, Nasrudin Azis memutuskan meniadakan salat Jumat sementara di wilayah Kota Wali itu pada Jumat (3/4/2020) besok. Penggantinya warga Cirebon bisa salat Dzuhur di rumah masing-masing demi mencegah wabah Covid-19.

"Saya menyampaikan bahwa mulai Jumat besok, Salat Jumat Masjid Raya dan masjid-masjid yang ada ditiadakan sampai batas waktu yang akan ditinjau ulang," kata Masrudin Azis di Cirebon, Jawa Barat, Kamis (2/4/2020).

Azis menjelaskan keputusan itu setelah mencermati Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21/2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19 yang ditetapkan Presiden Joko Widodo pada 31 Maret 2020.

Dengan adanya peraturan tersebut, pihaknya telah berkoordinasi untuk memutuskan ditiadakannya Salat Jumat di semua masjid di Kota Cirebon.

"Ditiadakannya Salat Jumat ini tanpa tujuan apapun kecuali menjaga masyarakat dari penularan Covid-19," ujar dia.

Azis juga meminta kepada masyarakat agar bisa mengerti dengan keadaan saat ini, di mana wabah virus corona atau Covid-19 sudah dinyatakan darurat bencana nonalam.

Dia juga berharap pandemik virus corona cepat berlalu dari Indonesia, khususnya Kota Cirebon, agar masyarakat bisa beraktivitas seperti biasa.

"Semoga bisa menjalankan ibadah di rumah masing-masing. Dan semoga pandemik ini bisa berlalu dari bumi ini," kata dia.


Editor : Faieq Hidayat