Berulang Kali Dirazia, Penambang Ilegal Masih Nekat Beroperasi di Bogor

Wildan Hidayat ยท Kamis, 06 Februari 2020 - 13:19 WIB
Berulang Kali Dirazia, Penambang Ilegal Masih Nekat Beroperasi di Bogor
Kapolres Bogor AKBP M Joni, Kamis (6/2/2020) (Foto:iNews/Wildan)

BOGOR, iNews.id - Polres Bogor kembali menangkap empat penambang emas ilegal di kawasan Gunung Pongkor, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar). Meski sudah sering kali dilakukan razia, penambang tersebut tetap nekat beroperasi.

Polisi mengamankan sejumlah barang bukti berupa bongkahan batu bahan emas, alat penambangan, serta bahan-bahan untuk mengolah batuan menjadi emas. Di antaranya cairan kimia berbahaya sianida.

"Ada empat orang sudah dilakukan penahanan," kata Kapolres Bogor AKBP M Joni, Kamis (6/2/2020).

Penggrebekan tambang ilegal di Bogor, Kamis (6/2/2020) (Foto:iNews/ Wildan Hidayat)
Penggrebekan tambang ilegal di Bogor, Kamis (6/2/2020) (Foto:iNews/ Wildan Hidayat)

 

Joni menuturkan masih mengembangkan kasus tersebut. Polisi sudah mengantongi identitas pelaku lainnya yang merupakan pemilik pengolahan emas.

"Ada satu bos dari pengolahan," kata Joni.

Penertiban penambang tanpa izin terus dilakukan karena selain merusak ekosistem dan berdampak terjadinya longsor di kawasan Gunung Halimun Salak.

Kepada polisi, pelaku penambang ini mengaku mendapat omzet hingga puluhan juta rupiah. Untuk sekali mengolah, pelaku bisa mendapat dua hingga tiga kilogram emas hasil menambang.

Pelaku dijerat undang-undang mineral dan batu bara dengan ancaman pidana sedikitnya lima tahun kurungan. Kini para pelaku berada di Mapolres Bogor untuk dilakukan pendalaman.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq