Belum Tentu Positif Corona, Warga Diminta Tak Rekam dan Sebar Video Orang Pingsan di Jalan

Okezone ยท Senin, 06 April 2020 - 12:20 WIB
Belum Tentu Positif Corona, Warga Diminta Tak Rekam dan Sebar Video Orang Pingsan di Jalan
Kabid Humas Polda Jabar, Saptono Erlangga Waskitoroso, Kamis (9/1/2020) (Foto: iNews/ Mujib)

BANDUNG, iNews.id - Polda Jawa Barat (Jabar) meminta kepada masyarakat tidak merekam serta menyebarkan, jika mendapati ada orang pingsan mendadak di jalan raya. Sebab belum tentu orang itu positif virus corona.

"Kita minta dan imbau masyarakat untuk tidak menyebarkan video atau foto seperti itu, toh belum tentu yang bersangkutan positif corona," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol S. Erlangga Saptono, Senin (6/4/2020).

Masyarakat juga diminta untuk tidak berlebihan mengomentari perlengkapan baik anggota polisi atau petugas kesehatan, yang tengah menggunakan alat perlindungan diri (APD).

"Kondisi saat ini, perlengkapan APD itu merupakan protokol SOP yang harus dan wajib di gunakan saat penanganan," kata dia.

Seperti diketahui, peristiwa orang pingsan mendadak terjadi di tengah wabah pandemi corona. Misalnya pria tiba-tiba tergeletak di tengah Jalan Jakarta, Kota Bandung, Jawa Barat Selasa (31/3/2020).

Kebanyakan warga takut menolong atau mendekat karena takut terpapar virus corona. Sehingga warga menunggu petugas kesehatan dan kepolisian datang ke lokasi.

Dengan banyakanya kejadian itu, Polda Jabar berserta seluruh jajaran polres di wilayah hukumnya, telah membekali personel lapangan dengan alat pelindung diri (APD).


Editor : Faieq Hidayat