BEC Bandung Terbakar, Api Diduga dari Genset di Lantai Dasar

Agus Warsudi ยท Kamis, 18 Februari 2021 - 19:58:00 WIB
BEC Bandung Terbakar, Api Diduga dari Genset di Lantai Dasar
Petugas Diskar PB Kota Bandung tengah memadamkan api yang diduga berasal dari genset di lantai dasar BEC Bandung. (Foto: Istimewa)

BANDUNG, iNews.id - Bandung Electronic Center (BEC) Bandung, Jalan Purnawarman, Kota Bandung, terbakar, Kamis (18/2/2021) sekitar pukul 18.24 WIB. Api diduga berasal dari kosleting listrik genset di lantai dasar gedung pusat perbelanjaan eketronik tersebut.

"Keterangan dari sekuriti (satpam BEC), sumber api diduga dari genset, ada percikan api. Ini lokasi (kebakaran) di basement ke dua," kata Kepala Dinas Pemadaman Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Dadang Iriana kepada wartawan di lokasi kejadian.

Namun untuk memastikan, ujar Dadang, petugas Diskar PB Kota Bandung masih berupaya memadamkan dan mencari titik atau sumber api. "Kami masih terus cari sumber api. Kami belum tahu apinya melebar atau tidak," ujar Dadang.

Pantauan di lokasi kejadian, petugas Diskar PB yang mengerahkan tiga unit pemadam masih berupaya memadamkan api. Kepulan asap terlihat dari lantai bawah gedung. Asap memenuhi sebagian besar ruangan dan lantai bangunan pusat perbelanjaan di wilayah Kelurahan Babakan Ciamis, Kecamatan Sumurbandung, Kota Bandung itu.

Untuk memudahkan gerak petugas pemadam dan lalu lintas armada, petugas membersihkan kawasan Jalan Purnawarman dari kerumunan orang dan lalu lintas kendaraan lain.

Tampak pula, pengunjung dan karyawan di gedung BEC berlarian keluar dari dalam gedung. Mereka tampak panik. Tetapi setelah di luar gedung, mereka berkerumun di tepi jalan.

Sayid (27), pegawai di satu gerai telepon seluler (ponsel) di Lantai LU, BEC Bandung mengatakan, sebelum kepulan asap memenuhi gedung, aliran listrik di BEC padam sekitar pukul 18.24 WIB. 

Bahkan, kata Sayid, terdengar suara ledakan tiga kali, seperti petir. "Mati lampu dulu. Terus keluar asap dari lantai bawah dan terdengar tiga kali suara ledakan, seperti petir," kata Sayid. 

Menyusul suara ledakan, ujar Sayid, sirine alarm dari Gedung BEC pun berbunyi. Petugas keamanan gedung BEC Bandung lalu memerintahkan para pengunjung dan pegawai keluar gedung. "Kami langsung tutup toko dan keluar gedung," kata Sayid.

Editor : Agus Warsudi